Hagia Sophia

30 September 2023

Liverpool Tancap Gas, Klopp Terkejut

Juergen Klopp terkejut Liverpool langsung tancap gas (REUTERS/CHRIS RADBURN)

Liverpool langsung tancap gas di awal musim 2023/2024, setelah terpuruk musim lalu. Juergen Klopp terkejut melihatnya.

Liverpool baru saja melalui musim yang begitu buruk setelah nirgelar dan gagal finis empat besar. Selain itu, mereka juga ditinggal banyak pemain seniornya yang habis kontrak.

Setelah perombakan di bursa transfer musim panas, Liverpool mendapatkan empat gelandang untuk meremajakan lini tengah yakni Dominik Szoboszlai, Alexis Mac Allister, Wataru Endo, dan Ryan Granvenberch.

Kecuali Endo dan Gravenberch yang masih dalam proses adaptasi, Szoboszlai serta Mac Allister langsung nyetel dengan skema Klopp sebagai manajer.

Hasil imbang 1-1 kontra Chelsea jadi satu-satnya laga yang gagal dimenangi Liverpool. Mereka menyapu bersih semua laga dengan kemenangan, lima di Liga Inggris, satu di Liga Europa, dan satu di Carabao Cup.

Bahkan lima di antara laga-laga itu dimenangi dengan cara comeback. Liverpool-nya Klopp yang lama disebut-sebut sudah kembali.

Lini depan pun jadi tajam karena kedatangan gelandang berkualitas. Siapapun penyerang yang dimainkan, mereka bisa menjawab dengan gol maupun assist.

Liverpool kini ada di posisi kedua klasemen Liga Inggris dengan 16 poin dari enam laga, selisih dua angka dari Manchester City di puncak. Akhir pekan ini ada Tottenham Hotspur menguji kebangkitan The Reds.

"Ya (saya terkejut dengan betapa cepatnya tim nyetel). Kami menjalani pramusim yang bagus dengan banyak pemain turun bersama-sama, itulah alasannya. Itu sangat-sangat membantu. Mendapatkan hasil yang mungkin tidak sesuai keinginan kami musim lalu," ujar Klopp di BBC Sport.

"Kualitas pemain di sini bagus-bagus, ada potensi. Grup ini terbuka untuk apapun. Ini awal baru, tahun pertama untuk tim ini. Kami membuat pondasi dan menggunakannya. Kami tidak tahu akan sebagus apa kami, sestabil apa nanti, tapi kami lagi punya momen bagus."





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Klopp Terkejut Liverpool Langsung Tancap Gas"