Hagia Sophia

30 September 2023

DKI Dilanda Cuaca Super Panas, Suhu Tertinggi Capai 37 Derajat Celcius

Cuaca panas. (Foto: Grandyos Zafna)

Sejumlah wilayah termasuk DKI Jakarta dan sekitarnya kini dilanda cuaca super panas. Mengacu pada data BMKG Jumat (29/9/2023) pukul 13.00 WIB, suhu di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berada pada 35 derajat celcius. Sedangkan di Bekasi dan sekitarnya tercatat suhu mencapai 36 derajat Celcius di waktu yang sama.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan, dalam dua pekan terakhir, suhu tertinggi mencapai 37 derajat celcius. Sejauh ini dipastikan tidak ada catatan suhu ekstrem hingga melewati 40 derajat celcius di Indonesia.

"Suhu udara maksimum di wilayah Indonesia 10 hari terakhir terpantau mencapai 35 hingga 37 derajat celcius. Kondisi ini merupakan hal yang biasa dan normal terjadi pada musim kemarau dan periode peralihan musim," terangnya kepada detikcom, Jumat (29/9/2023).

Pemicu Cuaca Super Panas

Lebih lanjut menurut Guswanto, pada bulan September, musim kemarau memang masih berada pada puncaknya. Kemudian di samping itu, ada dua faktor penyebab cuaca panas ekstrem ini. Pertama, yakni posisi semu matahari pada bulan September. Kedua, yakni pertumbuhan awan yang minim.

"Pemanasan sinar matahari cukup optimal yang terjadi pada pagi menjelang siang dan siang hari. Saat ini, posisi semu matahari (pada bulan September) berada tepat di atas khatulistiwa, sehingga penerimaan sinar matahari cukup merata di wilayah Indonesia termasuk di wilayah Jabodetabek," sambungnya.

"Kondisi cuaca cerah dengan tingkat pertumbuhan awan yang minim turut memicu optimalnya pemanasan sinar matahari sehingga radiasi matahari masuk tanpa ada halangan. Seperti diketahui bahwa pertumbuhan awan dapat menghalangi sinar matahari langsung ke permukaan bumi," pungkas Guswanto.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cuaca Terik 'Nusuk' Akhir-akhir Ini, BMKG: Suhu Tertinggi 37 Derajat Celcius"