Hagia Sophia

25 September 2023

Liga Inggris: Liverpool Kalahkan West Ham 3-1

Liverpool sikat West Ham United 3-1 (REUTERS/PETER POWELL)

Liverpool melanjutkan tren kemenangan beruntunnya di Premier League musim ini. Menjamu West Ham United, The Reds menang 3-1.

Pada pertandingan pekan keenam yang dihelat di Anfield, Minggu (24/9/2023) malam WIB, skor imbang 1-1 di babak pertama setelah penalti Mohamed Salah dibalas Jarred Bowen. Pada babak kedua, Darwin Nunez dan Diogo Jota memastikan tiga poin Liverpool.

Si Merah pun naik ke posisi kedua klasemen Liga Inggris dengan 16 poin, selisih dua angka dari Manchester City di puncak. West Ham di posisi ketujuh dengan 10 poin.

Jalannya pertandingan

Liverpool menurunkan trio Darwin Nunez, Luis Diaz, dan Mohamed Salah di lini serang. Tapi, West Ham yang justru mengambil inisiatif serangan lebih awal.

Mereka mengancam lewat Lucas Paqueta yang berada bebas di sisi kiri dan mengirimkan umpan silang yang ditanduk Tomas Soucek ke pojok bawah, tapi bisa ditepis Alisson Becker pada menit keenam.

Dua menit setelahnya Soucek giliran yang memberikan crossing ke arah Michail Antonio di kotak penalti. Bola disundul Antonio tapi masih melebar.

Liverpool mendapat penalti pada serangan berbahaya pertamanya di babak pertama setelah Salah dijatuhkan Nayef Aguerd. Salah sebagai eksekutor sukses mengecoh Alphonse Areola untuk mengubah skor jadi 1-0.

Penalti Mohamed Salah bikin Liverpool memimpin 1-0 (Foto: REUTERS/PETER POWELL)

Setelah gol itu, Liverpool masih kesulitan untuk menembus pertahanan West Ham dan jarang membuat peluang emas. West Ham justru yang lebih aktif menyerang dan membahayakan pertahanan Liverpool.

Pada menit ke-40, Tomas Soucek mendapat Vladimir Coufal dan dituntaskan dengan tembakan yang masih melebar. West Ham akhirnya bisa menyamakan skor jadi 1-1 dua menit kemudian.

West Ham menyamakan skor 1-1 lewat Jarrod Bowen (Foto: REUTERS/PETER POWELL)

Adalah Jarrod Bowen yang mendahului Virgil van Dijk untuk menanduk bola crossing Coufal dan mengarah ke pojok kanan gawang tanpa bisa dihalau Alisson.

Liverpool sempat mencetak gol lagi pada menit ke-45 lewat Curtis Jones yang menyontek crossing Dominik Szoboszlai di tiang jauh gawang West Ham. Tapi, VAR menganulir gol itu karena Jones terjebak offside.

Skor 1-1 menutup babak pertama Liverpool vs West Ham.

Tiga menit selepas restart, Liverpool langsung menyerang dan Luis Diaz mendapat kans untuk bikin. Sepakannya dari tepi kotak penalti masih bisa diamankan Areola.

Nunez membuang peluang emas pada menit ke-53 saat mendapat umpan pendek dari Salah di depan gawang. Sepakan first time-nya masih menyamping di sisi kiri gawang Areola.

Tiga menit setelahnya giliran West Ham yang mengancam lewat situasi bola mati di sisi kanan penyerangan. Free kick mengarah ke Bowen yang menanduk bola di muka gawang dan tepat di pelukan Alisson.

Nunez! Penyerang Uruguay itu tak menyia-nyiakan kesempatan untuk membawa Liverpool memimpin 2-1 pada menit ke-60. Umpan lambung Alexis Mac Allister disambut sepakan setengah voli Nunez di depan gawang Areola dan masuk ke pojok kanan.

Sepakan Darwin Nunez membawa Liverpool memimpin lagi 2-1 (Foto: REUTERS/PETER POWELL)

Pada menit ke-62 Curtis Jones punya kans untuk mencetak gol, tapi bola sepakan yang membentur Kurt Zouma masih bisa ditepis Areola.

Liverpool memperbesar keunggulan pada menit ke-85 saat pemain pengganti Diogo Jota menyontek bola sundulan Van Dijk dari situasi korner, dan masuk ke gawang West Ham. Skor 3-1 menutup pertandingan Liverpool vs West Ham.

Liverpool mencetak gol ketiganya lewat Diogo Jota. (Foto: REUTERS/PETER POWELL)

Susunan pemain

Liverpool: Alisson; Joe Gomez, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Dominik Szoboszlai, Alexis Mac Allister (Wataru Endo 88'), Curtis Jones (Ryan Gravenberch 77'); Mohamed Salah, Darwin Nunez (Cody Gakpo 81'), Luis Diaz (Diogo Jota 81').

West Ham United: Alphonse Areola; Vladimir Coufal, Kurt Zouma, Nayef Aguerd, Emerson; Tomas Soucek (Pablo Fornals 74'), Edson Alvarez; Jarrod Bowen, James Ward-Prowse, Lucas Paqueta (Danny Ings 87'); Michail Antonio (Mohammed Kudus 74').





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Liverpool Vs West Ham: The Reds Sikat The Hammers 3-1"