Hagia Sophia

25 September 2023

Liga Inggris: Chelsea Kalah dari Aston Villa 0-1

Foto: REUTERS/DAVID KLEIN

Chelsea vs Aston Villa tersaji di lanjutan Liga Inggris. The Blues kena petaka kartu merah di awal babak kedua dan akhirnya kalah 0-1.

Chelsea menjamu Aston Villa di lanjutan Liga Inggris pekan keenam, Minggu (24/9) di Stamford Bridge. Babak pertama tuntas dengan skor 0-0.

Di awal babak kedua, bek Malo Gusto kena kartu merah dan membuat Chelsea harus main dengan 10 orang. Watkins cetak gol di menit ke-73 dan bertahan sampai akhir laga.

Hasil itu membawa Aston Villa berada di peringkat keenam Klasemen Liga Inggris sementara dengan 12 poin. The Blues di peringkat ke-14 dengan lima poin.

Jalannya pertandingan

Chelsea langsung menekan. Di menit kelima. Caicedo yang mendapat bola liar, langsung menembak dari luar kotak penalti tapi masih mengarah ke pelukan Emi Martinez.

Chelsea terus mendominasi sampai menit ke-15. Aston Villa baru mendapatkan peluang emasnya di menit ke-20, ketika Lucas Digne melepas tembakan voli dari luar kotak penalti, beruntung bisa ditepis Sanchez.

Jackson punya peluang di menit ke-25. Mudryk dengan cerdas melepas umpan terobosan ke Jackson, sayangnya sang striker tak bisa menaklukkan Martinez dalam posisi satu lawan satu karena sepakannya ditepis.

Giliran Enzo Fernandez punya peluang. Gusto dengan cepat mengejar bola terobosan ke dalam kotak penalti, lalu melepas umpan tarik ke Enzo. Nama terakhir cuma kurang akurat tembakannya, masih melayang di atas gawang Villa.

Robert Sanchez bikin penyelamatan gemilang lagi. Giliran Zaniolo melepas tembakan first time di menit ke-38, lagi-lagi dari situasi corner kick, tembakannya ditepis Sanchez sambil melayang.

Disasi cetak gol di menit ke-43! Sayangnya, sundulan bek tengah itu saat menyambut umpan lambung Sterling dianulir karena dirinya berada di posisi offside lebih dulu.

Drama terjadi di menit akhir, ketika adu kontak Sterling dengan Digne. Terlihat dalam tayangan VAR, siku kiri Sterling membentur hidung Digne hingga berdarah, namun wasit menilainya bukan pelanggaran.

Babak pertama tuntas, skor masih 0-0.

Chelsea ambil kendali di awal babak kedua. Raheem Sterling kembali punya peluang, tapi lagi-lagi Emi Martinez menangi situasi satu lawan satu dengan menggagalkan tembakan jarak dekat.

Petaka buat Chelsea di menit ke-58, saat Malo Gusto menekel Digne. Wasit sempat mengeluarkan kartu kuning tapi kemudian mengecek VAR karena indikasi pelanggaran serius. Setelahnya, bek sayap kanan Chelsea itu dihukum kartu merah!

Kaki kanan Gusto terlihat menekel terlalu tinggi ke arah tulang kering Digne. Sang pemain cuma bisa tertunduk meninggalkan lapangan.

Aston Villa mulai lebih menekan. The Blues tak mau ambil risiko, langsung menarik Mudryk digantikan Ben Chilwell.

Villa nyatanya kesulitan membongkar pertahanan Chelsea yang rapat. Di menit ke-70, Diaby punya ruang tembak yang cukup untuk menendang bola hasil sapuan Thiago Silva, tapi tembakannya masih belum mengarah ke gawang.

Gol pertama Aston Villa!

Ollie Watkins mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-73 untuk gol pertama Aston Villa. Dalam situasi serangan balik, Watkins menusuk ke kotak penalti dan dibayangi oleh Colwill.

Sepakan pertamanya bisa diblok Colwill, tapi si kulit bundar masih berada di dekatnya dan tanpa ampun menembak bola lewati kolong kaki Sanchez.

Dua menit kemudian Chelsea nyaris bikin gol. Chilwell menusuk dari sisi kiri, tapi sepakannya lagi dan lagi bisa digagalkan Martinez.

Di menit ke-79, Villa nyaris gandakan keunggulan. Beruntung, Sanchez mematahkan tembakan jarak dekat Diaby.

Cole Palmer punya peluang di menit 90+1. Apes buatnya, tembakan mendatarnya masih bisa diblok Konsa.

Tuan rumah coba samakan kedudukan di perpanjangan waktu yang berjalan sampai 11 menit. Tidak ada gol tercipta, Aston Villa menang 1-0 atas Chelsea.

Susunan pemain

Chelsea: Sanchez, Gusto, Disasi, Thiago Silva, Colwill, Gallagher, Caicedo (Broja 79'), Sterling, Fernandez (Palmer 68'), Mudryk (Chilwell 61'), Jackson (Ugochukwu 68').

Aston Villa: Martinez, Cash, Konsa, Torres, Digne, Kamara (Dendoncker 90'), Douglas Luiz, Diaby (Tielemans 81'), McGinn (Ramsey 75'), Zaniolo (Bailey 75'), Watkins (Duran 90+1').




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Chelsea Vs Aston Villa: Main 10 Orang, The Blues Keok 0-1"