Hagia Sophia

25 September 2023

Akibat Ingin BB Turun, Ibu Ini Tewas Usai Operasi Pengecilan Lambung

Foto ilustrasi: Thinkstock

Seorang ibu dua anak meninggal secara tragis setelah menjalani operasi pengecilan lambung untuk menurunkan berat badan. Dilaporkan, dia menjalani operasi tersebut di Turki.

Laman MailOnline melaporkan Emma Morrisey meninggal diduga karena ahli bedah yang menanganinya tak sengaja menusuk perutnya saat operasi bariatrik atau gastric sleeve surgery dilakukan. Ibu dua anak itu disebut mengalami perdarahan hebat saat operasi.

Jacqueline Devonish, seorang koroner senior Cheshire, telah menuliskan surat kepada perusahaan yang mengatur prosedurnya, Regenesis Health Travel, karena gagal melakukan pemeriksaan yang diperlukan untuk memastikan Morrissey cocok menjalani operasi tersebut. Dirinya memperingatkan bahwa ada risiko kematian yang terjadi di masa depan dalam keadaan yang sama kecuali 'tindakan diambil'.

Dikutip dari MailOnline, sebuah laporan oleh petugas koroner merinci bahwa Morrissey terbang ke Turki pada 6 Juli tahun lalu, untuk menjalani operasi potong lambung yang melibatkan pengangkatan sebagian besar perut. Morrisey tidak memenuhi kriteria untuk melakukan operasi tersebut di Inggris sehingga dia akhirnya terbang ke Turki.

Namun selama operasi pada 7 Juli, seorang ahli bedah tak sengaja melubangi perutnya dengan alat medis.

"Belum ada bukti penyelidikan kematian meja operasi oleh Kementerian Kesehatan di Turki, Rumah Sakit swasta Termessos atau Regenesis UK meskipun Regenesis telah diberitahu bahwa kematian tersebut disebabkan oleh ahli bedah selama operasi," Petugas koroner menulis, yang juga menyerang otoritas Turki.

Petugas medis rumah sakit juga gagal mempersiapkan dengan benar tubuh Morrissey untuk kembali ke Inggris. Hal ini tentu membuatnya berisiko mengalami pembusukan dan risiko kesehatan bagi para profesional yang menerima tubuhnya di Inggris.

Ahli bedah juga mengklaim bahwa, operasi lengan lambung tidak sepenuhnya dilakukan karena pendarahan Morrissey, menurut laporan tersebut. Tetapi para ahli Inggris menemukan bahwa itu sudah lengkap dan tim Turki gagal mengidentifikasi lokasi perdarahan yang benar.

"Bukti sebelum pemeriksaan adalah bahwa tiga sayatan telah dibuat di perut, dua di antaranya dengan alat tajam," jelas Devonish.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tragis, Ibu Dua Anak Tewas usai Operasi Pengecilan Lambung untuk Turunkan BB"