Hagia Sophia

25 September 2023

Ini Beda Sakit Pinggang Biasa dan Gejala Kanker Ginjal

Foto ilustrasi: Shutterstock/

Baru-baru ini, penyanyi Vidi Aldiano kembali berjuang melawan kanker ginjal yang telah bermetastasis ke bagian tubuh lain. Ini terjadi setelah ia melakukan operasi pengangkatan ginjal pada 2019 lalu.

Salah satu gejala kanker ginjal yang paling umum adalah sakit di bagian pinggang. Memang seperti apa ciri sakit pinggang karena sakit ginjal?

Koordinator Bidang Ilmiah Ikatan Ahli Urologi Indonesia dr Lukman Hakim, SpU(K), MARS, PhD, mengatakan sakit pinggang karena kanker ginjal memang cukup identik. Salah satu cirinya adalah sakit pinggang yang menjalar ke arah punggung.

"Nyerinya lebih menjalar. Dari perut sebelah kanan bagian depan, bisa menjalar ke pinggang belakang," jelas dr Lukman dalam diskusi daring 'Mengenal Kanker Ginjal', Rabu (20/9/2023).

"Sementara pada sakit pinggang biasa, ya nyerinya sebatas di pinggang saja," sambungnya.

dr Lukman mengatakan rasa sakit yang menjalar ini juga terasa sangat menyiksa. Terkadang pasien yang merasakannya sampai kesulitan melakukan aktivitas karena rasa sakit yang tidak bisa ditahan.

Selain sakit pinggang, gejala lainnya yang dirasakan pasien kanker ginjal adalah urine berwarna merah atau berdarah.

"Hal ini bisa terjadi karena kanker sudah masuk stadium lanjut. Kencing darah karena ada luka di bagian ginjal sebagai akibat sel-sel kanker yang semakin menjalar," bebernya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Ungkap Ciri Sakit Pinggang Biasa Vs Gejala Kanker Ginjal"