Hagia Sophia

25 September 2023

Liga Inggris: Arsenal Main Imbang dengan Tottenham 2-2

Arsenal vs Tottenham berakhir imbang 2-2 (Foto: AP/David Cliff)

Arsenal vs Tottenham Hotspur imbang 2-2. The Lilywhites dua kali tertinggal, tapi Son Heung-min bikin brace untuk membuat Derby London Utara berakhir sama kuat.

Arsenal vs Tottenham yang bertajuk Derby London Utara tersaji di Emirates Stadium pada laga lanjutan Liga Inggris, Minggu (24/9). Arsenal unggul lebih dulu dari bunuh diri Cristian Romero di menit ke-26.

Tottenham bisa menyetarakan angka lewat gol Son Heung-min di menit ke-42. Skor 1-1 menutup babak pertama.

Selepas jeda, The Gunners kembali unggul dari penalti Bukayo Saka. Namun, Tottenham merespon dengan cepat. Hanya satu menit berselang Son bikin brace untuk mengubah kedudukan menjadi 2-2.

Derby London Utara berakhir imbang 2-2. Hasil imbang ini membuat kedua tim kini sama-sama mengumpulkan 14 poin. Tottenham berada di peringkat keempat, sedangkan Arsenal satu posisi di bawahnya.

Jalannya Pertandingan

Tottenham sempat menggetarkan jala Arsenal ketika laga baru berjalan tiga menit. Namun, gol ini dianulir. Pasalnya, Son Heung-min dalam posisi offside saat membelokkan tendangan Yves Bissouma.

Arsenal setelahnya lebih dominan dalam menguasai laga. Arsenal punya peluang emas pada menit ke-14.

Gabriel Jesus menyambar umpan Bukayo Saka dengan sepakan voli. Guglielmo Vicario tampil gemilang menepis bola menyelamatkan Tottenham dari kebobolan.

Dua menit berselang Arsenal kembali menebar ancaman. Eddie Nketiah mendapatkan bola usai Destiny Udogie melakukan kesalahan umpan. Vicario kembali tampil apik membendung sepakan Nketiah dari dari sudut sempit.

Gol!!! Tekanan Arsenal akhirnya membuahkan hasil di menit ke-26. Saka yang menusuk dari sisi kanan melepas tembakan di kotak penalti. Sepakannya berusaha diblok Cristian Romero tapi bola justru berbelok masuk ke gawang Tottenham.

Tottenham belum juga bisa lepas dari tekanan Arsenal. James Maddison tak bisa menguasai bola dengan baik saat dipressing oleh Jesus di daerah sendiri. Jesus yang mendapat bola di posisi menguntungkan tendangannya justru masih melambung.

Build up Tottenham mulai lebih rapi untuk bisa melewati pressing Arsenal. Mereka punya kesempatan emas di menit ke-36.

Son yang bergerak dari sisi kanan melepas umpan tarik yang bisa disambar oleh Brennan Johnson. David Raya terbang untuk bisa mengamankan bola.

Gol!!! Lewat skema yang hampir mirip, Tottenham menyamakan kedudukan di menit ke-42. Maddison yang bergerak dari sisi kiri memberi umpan tarik yang bisa disontek Son. Raya kali ini tak berkutik.

Skor 1-1 mengakhiri babak pertama.

Penalti!!! Wasit menunjuk titik putih untuk Arsenal usai meninjau VAR. Keputusan ini dibuat setelah tendangan Ben White di depan gawang mengenai tangan Romero.

Gol!!! Saka yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Tembakannya ke arah tengah mengecoh Vicario pada menit ke-54.

(AP Photo/David Cliff) Foto: AP/David Cliff

Gol!!! Tottenham hanya butuh satu menit untuk merespon. Jorginho bikin kesalahan fatal saat penguasaan bolanya bisa direbut oleh Dejan Kulusevski. Kulusevski menyodorkan bola yang bisa dituntaskan Son menjadi gol lewat sepakan mendatar.

Tempo laga sempat menurun di pertengahan babak kedua. Hal ini membuat kedua tak melahirkan peluang berbahaya.

Arsenal menaikkan tempo menjelang akhir laga. Saka mencoba dari tendangan jarak jauh. Vicario masih sigap menepis bola.

Peluang juga sempat didapatkan oleh Tottenham. Namun, tendangan Richarlison masih melebar.

Derby London Utara berakhir imbang 2-2.

Susunan Pemain

Arsenal: David Raya; Ben White, William Saliba, Gabriel Magalhaes, Oleksandr Zinchenko; Martin Odegaard, Declan Rice, Fabio Vieira; Bukayo Saka, Gabriel Jesus, Eddie Nketiah.

Tottenham: Guglielmo Vicario; Pedro Porro, Cristian Romero, Micky van de Ven, Destiny Udogie; Pape Sarr, Yves Bissouma; Dejan Kulusevski, James Maddison, Son Heung-min; Brennan Johnson.




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Arsenal Vs Tottenham: Derby London Utara Berakhir Imbang 2-2"