Hagia Sophia

16 September 2023

Mengenal Gejala Limfoma Maligna, Muncul Benjolan Aneh di Leher

Foto: ilustrasi/thinkstock

Tubuh manusia memiliki banyak sekali sel-sel yang berperan sangat penting untuk kesehatan, salah satunya limfosit. Itu merupakan salah satu jenis sel darah putih yang diproduksi sel induk pada sumsum tulang.

Saat limfosit ini berkembang menjadi tidak normal yang diperparah dengan faktor-faktor mutasi, sel yang awalnya berperan untuk daya tahan tubuh akan berubah fungsi. Nantinya, itu akan berubah menjadi sel ganas yang disebut sebagai limfoma maligna.

Menurut spesialis penyakit dalam konsultan hematologi onkologi Dr dr Hilman Tadjoedin, SpPD-KHOM, umumnya limfoma maligna ini ditandai dengan adanya benjolan. Benjolan tersebut biasanya ditemukan di bagian leher, ketiak, hingga lipatan paha.

"Umumnya, limfoma maligna ditandai dengan adanya benjolan di kelenjar getah bening. Tapi, adanya benjolan belum tentu menjadi petunjuk adanya limfoma maligna," jelas dr Hilman dalam pemaparannya melalui daring, Kamis (14/9/2023).

Meski begitu, dr Hilman menjelaskan 70 persen benjolan pada kelenjar getah bening umumnya adalah kondisi yang normal. Namun, untuk mendeteksi kondisi limfoma maligna ini ada beberapa tanda lain yang harus diperhatikan.

"Biasanya pasien datang dengan berbagai macam gejala, misalnya demam, berat badan turun, nggak nafsu makan, berkeringat malam, hingga lemas," kata dr Hilman.

"Selain itu ada benjolan yang sudah diberikan obat antibiotik atau anti peradangan tidak kunjung membaik. Malah kondisi benjolan itu cenderung makin besar dan bisa menyebar ke tempat-tempat lain, seperti leher, ketiak, lipatan paha, atau di tempat yang tidak umum. Itu yang harus diperhitungkan sebagai limfoma maligna," lanjut dia.

Bagaimana skrining awal yang bisa dilakukan untuk memastikan apakah benjolan itu termasuk limfoma maligna?

dr Hilman mengatakan salah satu tanda seperti benjolan itu mudah dideteksi dengan indra peraba manusia. Jika menemukan benjolan yang terasa sangat tidak nyaman, sebaiknya segera melakukan konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Paling gampang, orang kita kan mandi tiap hari, pasti gosok-gosok kan. Kita bisa lihat kok ada sesuatu ya, rasa kurang nyaman, seperti ada benjolan yang besar. Jika begitu, segera periksakan ke fasilitas kesehatan terdekat," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Muncul Benjolan Tak Biasa di Leher, Waspada! Bisa Jadi Gejala Limfoma Maligna"