Hagia Sophia

16 September 2023

Bundesliga: Bayern Munich Imbangi Bayern Leverkusen 2-2

Bayern vs Leverkusen tuntas 2-2 (REUTERS/ANGELIKA WARMUTH)

Duel Bayern Munich vs Bayer Leverkusen berlangsung sengit dan berakhir dramatis. Gol penalti di pengujung laga membuat skor jadi 2-2.

Pada pertandingan pekan keempat Bundesliga 2023/2024 di Allianz Arena, Sabtu (16/9/2023) dini hari WIB, Bayern memimpin duluan lewat Harry Kane sebelum disamakan Alejandro Grimaldo.

Di babak kedua, Bayern memimpin lagi di pengujung waktu normal lewat Leon Goretzka, sebelum Exequiel Palacios membuat laga tuntas tanpa pemenang.

Hanya menambah satu angka, baik Leverkusen maupun Bayern tetap berurutan di posisi pertama serta kedua Klasemen Bundesliga dengan 10 poin.

Jalannya pertandingan

Bayern yang tampil agresif sejak kickoff langsung memimpin pada menit ketujuh. Adalah Harry Kane yang mencatatkan namanya di papan skor setelah mencocor bola korner Leroy Sane yang sempat membentur pemain.

Setelah unggul, Bayern lebih menekan Leverkusen dan tak memberikan kesempatan untuk mengembangkan permainan. Pertahanan Leverkusen harus berjibaku menghalau serangan Bayern agar gawang Lukas Hradecky tidak kebobolan lagi.

Leverkusen akhirnya menyamakan skor pada menit ke-24. Mendapat tembakan bebas di depan kotak penalti, Alejandro Grimaldo menyepak keras bola dan mengarah ke pojok kiri atas gawang Sven Ulreich.

Gol itu membuat Leverkusen lebih bersemangat. Satu peluang didapat tim tamu saat Victor Boniface lolos dari kawalan pemain Bayern dan coba membobol gawang dari sudut sempit meski gagal.

Semenit kemudian Boniface punya kans untuk membawa Leverkusen unggul. Dia coba melepaskan tembakan ke tiang jauh tapi masih melebar. Tak lama kemudian Boniface sempat mencetak gol tapi dianulir.

Giliran Bayern yang membuat peluang lagi pada menit ke-35 lewat tandukan Mueller yang bisa ditepis Hradecky. Bola muntah dicocor Serge Gnabry tapi membentur tiang.

Hradecky harus berjuang keras untuk menyelamatkan gawangnya di sisa lima menit babak pertama saat menepis sepakan Sane dan sundulan Leon Goretzka. Hingga turun minum, skor 1-1 bertahan.

Masuk di babak kedua, Leverkusen coba mengambil inisiatif serangan. Pada menit ke-51, Boniface melakukan solo run hingga mendekati kotak penalti dan melihat Ulreich maju, bola ditembak langsung meski masih melebar.

Pertandingan di babak ini berjalan dengan tempo lebih lambat sehingga jarang tercipta peluang emas. Barulah pada menit ke-78, Leverkusen berpeluang besar unggul lewat Wirtz yang tinggal berhadapan dengan Hradecky.

Sayangnya, sepakan Wirtz malah menerpa tiang sehingga gagal berbuah gol. Dua menit kemudian Ulreich menggagalkan sepakan Boniface dari jarak dekat dalam sebuah serangan balik.

Keasyikan menyerang membuat gawang Leverkusen malah kebobolan pada menit ke-86. Mathijs Tel mendapat bola di sisi kiri dan melewati adangan pemain lawan sebelum memberikan umpan tarik, yang disepak Goretzka ke gawang kosong.

Pemain Bayern Munich sempat merayakan gol Leon Goretzka. (Foto: REUTERS/ANGELIKA WARMUTH)

Dua menit berselang, Boniface lagi-lagi membuang kesempatan unggul ketika menerima umpan tarik Alejandro Grimaldo. Berdiri bebas, Grimaldo malah menembak bola ke tribune.

Laga tampaknya akan berakhir untuk kemenangan Bayern sebelum pelanggaran Alphonse Davies kepada Jonas Hofmann berbuah penalti untuk tim tamu. Wasit sempat melihat VAR dulu sebelum Exequiel Palacios menaklukkan Ulreich untuk membuat skor 2-2.

Perayaan para pemain Bayer Leverkusen (Foto: REUTERS/ANGELIKA WARMUTH)

Bayern sempat mencetak gol lagi lewat Dayot Upamecano di akhir injury time, tapi VAR menganulir karena offside. Tak ada pemenang ketika Bayern vs Leverkusen tuntas.

Susunan pemain

Bayern Munich: Sven Ulreich; Konrad Laimer (Matthijs de Ligt 85'), Dayot Upamecano, Kim Min-Jae, Alphonso Davies; Leon Goretzka, Joshua Kimmich (Noussair Mazraoui 62'); Leroy Sane, Thomas Mueller (Jamal Musiala 62'), Serge Gnabry (Mathys Tel 70'); Harry Kane (Eric Maxim Choupo-Moting 85').

Bayer Leverkusen: Lukas Hradecky; Odilon Kossounou, Jonathan Tah, Edmond Tapsoba (Adam Hlozek 90'); Jeremie Frimpong (Amine Adli 82'), Robert Andrich (Exequiel Palacios 45'), Granit Xhaka, Alejandro Grimaldo; Jonas Hofmann (Piero Hincapie 95'), Florian Wirtz (Nadiem Amiri 96'); Victor Boniface.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Dramatis! Bayern Munich Vs Bayern Leverkusen Tuntas 2-2"