Hagia Sophia

03 October 2023

Aktor Chris Pratt Jalani Diet Ekstrem dengan Minum 100 Gelas Air per Hari

Foto: Disney/Marvel Studios/detikcom

Aktor Chris Pratt dikabarkan menjalani diet yang cukup ekstrem demi mendapatkan peran 'Star Lord' di filmnya. Ia menjalani diet dengan meminum lebih dari 100 gelas air setiap hari.

Aktor ini melakukan transformasi tubuh besar-besaran ketika ia terpilih untuk peran utama 'Guardians of the Galaxy' pada tahun 2014. Sebagai bagian dari proses tersebut, Marvel menghubungkan Pratt dengan ahli gizi Philip Goglia, yang meminta aktor tersebut meminum segelas air untuk setiap pon berat badannya, seperti yang dilaporkan Vanity Fair.

"Saya buang air kecil sepanjang hari, setiap hari," kata Pratt yang dikutip dari Business Insider.

"Bagian itu adalah mimpi buruk," sambungnya.

Namun, metode diet tersebut dinilai tidak realistis dan bisa berbahaya. Hal ini diungkapkan Marino, yang memiliki sertifikasi triple-board dalam bidang toksikologi medis, pengobatan darurat, dan pengobatan kecanduan di Rumah Sakit Universitas di Cleveland.

Menurutnya, sangat kecil kemungkinan Pratt bisa mengkonsumsi begitu banyak air. Bahkan, metode itu bisa membahayakan dirinya sendiri.

"Ini tidak mungkin dan itulah penyebab keracunan air, yang sangat berbahaya karena sangat buruk," tulisnya.

"Dia sama sekali tidak melakukan ini, dan kamu juga tidak boleh melakukan ini," lanjut Marino.

Meski jarang terjadi pada orang sehat, para ahli mengatakan keracunan air atau hiperhidrasi bisa memicu gejala seperti mual, muntah, hingga kebingungan. Namun, dalam kasus yang ekstrem, keracunan air bisa berakibat fatal.

Seorang pakar ilmu olahraga mengungkapkan jika terlalu banyak minum air dalam waktu singkat, hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit seperti natrium, yang pada akhirnya dapat menyebabkan sakit kepala, disorientasi, kram, kejang, atau bahkan kerusakan otak atau koma.

Laporan kasus menunjukkan keracunan air dapat terjadi setelah minum antara dua hingga empat liter air dalam satu jam atau kurang, atau lebih dari lima liter dalam beberapa jam.

Dalam beberapa kasus, lebih banyak air mungkin bermanfaat bagi orang-orang dengan tingkat aktivitas tinggi atau diet tinggi protein. Beberapa atlet profesional seperti Tom Brady mengaku minum lebih dari dua galon air setiap hari.

Namun, jumlah air yang ideal untuk diminum setiap hari bergantung pada faktor individu seperti tingkat aktivitas. Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional merekomendasikan sekitar 3 liter per hari untuk pria dan 2 liter untuk wanita.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Chris Pratt 'Guardians of the Galaxy' Diet Ekstrem 100 Gelas Air Sehari"