Hagia Sophia

03 October 2023

Beberapa Obat Alami yang Bisa Turunkan Asam Urat Tinggi

Foto ilustrasi: iStock

Asam urat atau gout merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan rasa nyeri pada sendi. Meski sangat umum, penyakit ini sangat kompleks dan bisa dialami semua kelompok usia, termasuk usia produktif.

Kondisi ini terjadi akibat terlalu banyak kadar asam urat di dalam tubuh. Asam urat terbentuk ketika tubuh memecah zat purin yang ada secara alami dalam tubuh ataupun dari makanan yang dikonsumsi.

Jika asam urat berlebihan, dapat memicu terjadinya kondisi hiperurisemia atau kadar asam urat tinggi.

Apa saja pengobatan tradisional alami yang bisa dilakukan di rumah untuk mengobati asam urat? Simak penjelasannya berikut:

Jahe
Dikutip dari Healthline, jahe merupakan salah satu ramuan alami yang terkenal dapat mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Ternyata bahan alami satu ini juga bisa membantu meredakan asam urat.

Sebuah penelitian menemukan jahe dapat mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam urat, dengan cara dikompres atau dikonsumsi.

Kompres jahe dapat dibuat dengan cara merebus parutan jahe segar ke dalam air mendidih. Masukkan lap bersih pada air rebusan jahe tersebut dan tempelkan pada bagian yang terasa nyeri selama 15 sampai 30 menit.

Untuk diminum, bisa rebus air dan menyeduh dua sendok teh jahe selama 10 menit. Disarankan untuk mengkonsumsinya tiga cangkir per hari.

Seledri
Seledri merupakan salah satu tanaman tradisional yang sering digunakan untuk pengobatan. Untuk asam urat sendiri, ekstrak dan biji seledri sudah menjadi pengobatan rumahan yang populer.

Walaupun penelitian ilmiah pada seledri masih sedikit, namun seledri diketahui dapat mengurangi peradangan karena asam urat. Seledri bisa dikonsumsi mentah-mentah, dibuat jus, ekstrak, hingga bijinya.

Pisang
Pisang dianggap baik untuk meredakan asam urat. Buah satu ini kaya akan potasium, yang membantu jaringan dan organ dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.

Selain itu, pisang juga rendah akan puri yang dapat membantu mengurangi produksi asam urat dan bermanfaat bagi serangan asam urat.

Pisang salah satu sumber vitamin C yang baik, dan menurut beberapa penelitian dapat memberikan perlindungan terhadap asam urat.

Minum Banyak Air
Dikutip dari laman Prevention, mengkonsumsi air putih membantu mengatasi kadar asam urat yang tinggi. Ahli reumatologi dan peneliti translasi di UCLA Health, Elizabeth Volkmann, MD, cara satu ini dapat membantu ginjal mengeluarkan kelebihan asam urat melalui urine lebih cepat.

Bagi wanita, setidaknya mengkonsumsi 2 liter air per hari, sementara untuk pria membutuhkan lebih banyak yakni sekitar 3 liter air. Dr Volkmann mengatakan diusahakan sebanyak atau lebih sedikit dari itu untuk memastikan ginjal bekerja dengan baik.

"Kopi juga dapat meningkatkan ekskresi asam urat," kata Dr Volkmann.

Kompres Panas Dingin
Selain dari makanan, untuk meredakan asam urat bisa dengan mencoba kompres panas atau dingin. Dikutip dari Very Well Health, kompres panas bisa dilakukan dalam durasi 2-3 menit.

Sementara untuk kompres dingin, bisa dilakukan selama 30 detik. Cara ini dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan pada sendi akibat asam urat.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tak Hanya Obat, 5 Ramuan Rumahan Ini Redakan Kadar Asam Urat Tinggi"