Hagia Sophia

03 October 2023

Satu Anak Meninggal di Bandung Karena Keracunan Jajanan

Puluhan anak SD keracunan massal. Diduga gegara makanan cimin (Foto: Whisnu Pradana/detikJabar)

Kasus keracunan massal di Kabupaten Bandung belakangan disorot. Sebanyak 34 siswa dilaporkan menjadi korban dan satu di antaranya meninggal dunia. Kejadian ini terjadi di SDN Jati 3, Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Selasa (26/9/2023).

Puluhan siswa itu mengalami keracunan setelah mengkonsumsi makanan berbahan baku cimin. Mereka kemudian dilarikan ke puskesmas hingga rumah sakit di Cimahi dan di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Dalam kejadian ini, korban keracunan tidak langsung bertumbangan. Korban mulai mengalami keracunan 1 hingga 2 hari usai mengkonsumsi makanan itu.

Satu siswa berinisial RRN (9) meninggal dunia setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Kondisi korban diperparah karena memiliki penyakit bawaan yakni thalasemia.

"Untuk kasus keracunan massal ini, yang dirawat di puskesmas 15 orang, rawat jalan 13 orang, di RSCK 1 orang, RS Kartini 3 orang, klinik Assyida 1 orang, dan di RS Dustira itu 1 orang. Jadi sampai hari ini ada 34 orang," ujar kata Kepala Puskesmas Saguling Burhan kepada detikJabar.

Burhan menduga, penyebab keracunan massal ini akibat makanan cimin yang dikonsumsi para siswa pada Selasa, 26 September 2023. Hingga Jumat, 29 September 2023 lalu, masih ada dua orang siswa yang masih menjalani perawatan. Sementara, lainnya sudah diperbolehkan pulang.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Puluhan Siswa SD di Bandung Keracunan Jajanan 'Cimin', Satu Anak Tewas"