Hagia Sophia

03 October 2023

Ini Manfaat yang Didapat Bila Rutin Jalan Kaki Tiap Hari

Foto: iStock

Meski terkesan mudah, jalan kaki yang dilakukan setiap hari memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh. Aktivitas fisik ini juga terbukti bisa menyehatkan jantung.

Tak perlu 10 ribu langkah sehari, berjalan 6 ribu sampai 9 ribu bahkan bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 40 persen!

"Jalan kaki ini memakai oksigen agar otot berjalan makanya ini olahraga yang akan meningkatkan kebugaran jantung. Pemakaian oksigen yang terus menerus, lama-lama jantungnya terlatih makanya akan meningkatkan kebugaran kardiorespirasi," kata spesialis jantung dan pembuluh darah dr Dwita Rian Desandri, SpJP(K) dalam Webinar World Heart Day 2023 di detikcom ditulis Minggu (1/10/2023).

Bukan hanya bermanfaat bagi jantung, berjalan kaki setiap hari juga meningkatkan kerja paru-paru. Berjalan kaki juga bisa menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah dan perbaikan kadar gula darah.

Di samping itu spesialis jantung dan pembuluh darah dr Erta Priadi Wirawijaya, SpJP, FIHA, mengatakan kebiasaan jalan kaki setiap hari juga bisa mengurangi prevalensi penyakit jantung di usia muda. Terlebih saat ini semakin banyak kelompok usia produktif yang mengalami sakit jantung.

"Dampaknya, secara penelitian aktivitas olahraga berjalan kaki yang jumlahnya rata-rata di atas 6 ribu, kalau lebih bagus itu di atas 9-10 ribu langkah dalam sehari, itu bisa mengurangi angka serangan jantung, angka kematian jantung itu mencapai 42,3 persen," jelas dr Erta.

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung, rutin jalan kaki atau berolahraga juga baik untuk penampilan. Selain mengurangi berat badan, olahraga juga dapat membuat kulit wajah menjadi lebih awet muda.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Manfaat Luar Biasa Jika Rutin Jalan Kaki Tiap Hari, Bisa Cegah Mati Muda"