Hagia Sophia

11 October 2023

Beberapa Manfaat Tanpa Pakai Bra untuk Kesehatan Payudara

No Bra Day 2023 (Foto: Getty Images/iStockphoto/Zhenikeyev)

No Bra Day atau Hari Tanpa Bra diperingatkan setiap tanggal 13 Oktober. Pada perayaan ini, wanita diajak untuk tidak menggunakan bra selama sehari. Adapun tujuan peringatan ini adalah untuk mendukung pengidap kanker payudara dan mendorong kesadaran wanita akan kesehatan payudara.

Lantas, apa aja sih manfaat tidak menggunakan bra?

1. Melancarkan sirkulasi darah
Seperti yang umum dirasakan wanita, menggunakan bra dalam waktu yang lama dapat terasa sesak. Pasalnya, menggunakan bra dapat menghambat sirkulasi darah yang masuk dan keluar dari payudara.

"Karena badan kita ada aliran darah yang masuk, tapi juga ada aliran darah yang keluar. Mungkin aliran darah yang masuk ke dalam payudara nggak masalah, tapi yang keluar menjadi bermasalah. Karena kulitnya terlalu ditekan," jelas spesialis bedah plastik dr Sara Ester Triatmoko, SpBP-RE(K) dari RSUP Fatmawati saat ditemui detikcom, Kamis (6/10/2022).

2. Membuat tidur lebih nyenyak
Tidur tanpa bra adalah sesuatu yang banyak wanita lakukan dan alasannya cukup jelas, yakni membantu seseorang tidur lebih nyenyak tanpa ada gangguan pada kulit.

Faktanya, dikutip dari Health Shots, terdapat sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chronobiology International yang menyatakan bahwa mengenakan pakaian ketat seperti bra atau celana dalam saat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat tidur.

3. Menurunkan risiko terkena infeksi jamur
Terdapat beberapa jenis bahan tertentu yang tidak menyerap keringat. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan ketika suasana panas dan lembab.

"Ketika Anda berkeringat, payudara Anda dan kain bra Anda mengalami banyak gesekan yang dapat menyebabkan gatal-gatal dan juga kemerahan. Selain itu, karena penumpukan keringat, ada kemungkinan besar Anda bisa terkena infeksi jamur. Namun jika Anda tidak mengenakan bra, maka Anda tidak perlu khawatir," ungkap konsultan obstetri dan ginekologi Dr Gandhali Deorukhkar Pillai, dikutip dari Health Shots, Selasa (10/10/2023).

4. Mudah menyadari perubahan
Dengan tidak menggunakan bra, seseorang dapat lebih mudah mendeteksi perubahan pada payudaranya. Ketika melepas bra, seseorang pun bisa melakukan gerakan SADARI (periksa payudara sendiri) untuk mengetahui apakah ada benjolan yang bisa menjadi kanker payudara. Adapun SADARI lebih efektif dilakukan 7-10 hari setelah masa menstruasi.











 

















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "No Bra Day, Ini 4 Manfaat Tak Pakai Bra untuk Kesehatan Payudara"