Hagia Sophia

11 October 2023

Tips dari Dokter untuk Cegah Penyakit Stroke di Usia Muda

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/peterschreiber.media)

Stroke merupakan penyakit yang diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah yang membawa darah dan oksigen ke otak. Kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya fungsi otak secara akut dan menimbulkan kematian.

Umumnya oleh masyarakat, stroke diasosiasikan sebagai 'penyakit orang tua'. Padahal nyatanya penyakit ini juga bisa menyerang anak muda, lho.

Dokter spesialis saraf dr Al Rasyid SpS(K) menuturkan bahwa penyakit stroke juga bisa dialami oleh anak muda. Menurutnya, kondisi ini disebabkan salah satunya oleh gaya hidup anak muda yang cenderung kurang sehat.

"Hampir sama sih faktor risiko stroke pada orang tua atau masih muda. Cuman yang paling banyak kan jantung, kelainan-kelainan bawaan itu paling sering ya, terus kelainan darah, itu juga bawaan kadang-kadang," ucap dr Rasyid ketika ditemui detikcom, Selasa (10/10/2023).

"Terus kebiasaan merokok anak muda yang tinggi juga jadi faktor risiko. Memang gaya hidup anak muda yang berubah drastis. Terus depresi dan kurang istirahat juga bisa berpengaruh," sambungnya.

dr Rasyid menjelaskan, perlu pencegahan sedini mungkin untuk mengurangi risiko penyakit stroke. Salah satu bentuk pencegahan yang penting dilakukan adalah menerapkan gaya hidup sehat seperti menjaga pola makan, olahraga, dan menghindari rokok.

"Selain itu juga perhatikan kesehatan mental. Stres dan gangguan kesehatan mental tertentu seperti depresi itu dapat meningkatkan risiko stroke di usia muda," ujar dr Rasyid.

"Penting untuk menjaga kesehatan mental dengan mengelola stres dan memperoleh dukungan yang tepat," sambungnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Langkah ini berguna untuk membantu pendeteksian faktor risiko dan kondisi medis yang dapat meningkatkan risiko penyakit stroke pada anak muda.

"Mengendalikan faktor risiko seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, dan obesitas sangat penting dalam pencegahan stroke di usia muda. Berkonsultasilah dengan dokter untuk pengelolaan tepat," pungkasnya.











 

















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Simak! Dokter Beberkan Rahasia Cegah Penyakit Stroke di Usia Muda"