Hagia Sophia

26 October 2023

Kenali Golden Time Periode dalam Penanganan Penyakit Stroke

Ilustrasi stroke. (Foto: iStockphoto)

Stroke merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang paling mematikan. Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, stroke adalah penyakit pembuluh darah otak yang terjadi akibat pembuluh darah yang membawa oksigen ke otak mengalami penyumbatan atau pecah.

Kondisi ini membuat otak tidak mendapatkan pasokan darah yang membawa oksigen yang diperlukan dan menyebabkan kematian sel dan jaringan.

Walaupun ini merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya, hal ini bukan berarti stroke tidak dapat disembuhkan. Peluang kesembuhan yang bisa didapat oleh pasien stroke dikenal juga dengan istilah golden time period.

Dokter spesialis saraf dr Fajar Maskuri, SpS menuturkan ada beberapa faktor yang dapat menjadi penentu pemulihan pasien stroke. Salah satunya adalah derajat keterparahan stroke yang dialami pasien. Pasien yang mengidap stroke derajat ringan memiliki peluang yang lebih besar untuk pulih bila dibandingkan pasien stroke derajat berat.

Selain itu, ia menambahkan bahwa kecepatan penanganan pasien stroke juga berpengaruh pada kesempatan untuk bisa pulih. Semakin cepat ditangani, maka semakin besar kemungkinan pemulihan lebih baik atau tanpa cacar.

"Kita mengenal istilahnya itu dengan golden time period. Golden time period itu adalah waktu yang paling bagus untuk menangani penyakit stroke," ucap dr Fajar dikutip dari laman resmi Universitas Gadjah Mada, Rabu (25/10/2023).

"Kalau kita bisa mencapai waktu ini maka hasilnya itu lebih bagus, dibandingkan ketika ditangani setelah sehari, dua hari, atau bahkan setelah seminggu baru dibawa kerumah sakit, wah itu sudah terlambat," sambungnya.

"Jadi kalau menemukan keluarga atau tetangga yang curiga mengalami stroke maka segera bawa ke rumah sakit," tambahnya.

Adapun dr Fajar membeberkan gejala-gejala penyakit stroke yang dapat muncul antara lain:
  • Kelemahan otot dan anggota gerak badan.
  • Separuh bagian tubuh terasa mati rasa.
  • Merasakan kesemutan.
  • Mulut menjadi miring.
  • Kehilangan sebagian pandangan.
  • Mengalami afasia atau gangguan komunikasi.
  • Gangguan memori.
  • Mengalami pusing dan sensasi pusing atau vertigo.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bisa Datang Tiba-tiba, Kenali 'Golden Period' Penanganan Pasien Stroke"