Hagia Sophia

26 October 2023

Liga Champions: Barcelona Menang Atas Shakhtar 2-1

Barcelona kalahkan Shakhtar Donetsk 2-1 (AP/Joan Monfort)

Barcelona masih menjaga catatan sempurnanya di fase grup Liga Champions 2023/2024. Menghadapi Shakhtar Donetsk, Los Cules menang 2-1.

Gol-gol Barcelona diborong oleh Ferran Torres dan Fermin Lopez. Sementara gol hiburan Shakhtar dibuat Heorhii Sudakov.

Tambahan tiga angka membuat Blaugrana memimpin Klasemen Grup H dengan sembilan poin dari tiga laga, unggul enam angka dari Shakhtar di posisi ketiga.

Jalannya pertandingan

Pada pertandingan di Estadi Olímpic Lluís Companys, Rabu (25/10/2023) malam WIB, Barcelona yang masih dilanda krisis pemain menurunkan Marcos Alonso, Ronald Araujo, dan Yamine Lamal yang baru pulih.

Fermin Lopez yang jadi starter mampu merepotkan pertahanan Shakhtar dengan beberapa aksi sejak awal. Pada menit ketujuh, Lopez mengecoh dua pemain sebelum menembak ke gawang, tapi bisa diadang Dmytro Riznky.

Barcelona terus menggempur Shakhtar tapi masih kesulitan untuk bisa mencetak gol. Sebelum kebuntuan pecah pada menit ke-28 lewat Ferran Torres.

Diawali umpan lambung Ilkay Guendogan ke kotak penalti, Fermin menyambut dengan sepakan voli yang membentur tiang. Bola muntah dengan cepat disambar Torres jadi gol.

Ferran Torres mencetak gol pertama Barcelona. (Foto: REUTERS/ALBERT GEA)

VAR sempat meninjau gol tersebut karena dianggap offside sebelum disahkan. Gol itu membuat Barcelona makin semangat mencari gol tambahan.

Hasilnya Fermin menggandakan skor pada menit ke-36. Mendapat bola di depan kotak penalti, Fermin mengecoh satu pemain sebelum melepaskan sepakan keras ke pojok kiri gawang Shakhtar.

Sepakan keras Fermin Lopez menggandakan skor Barcelona jadi 2-0. (Foto: AP/Joan Monfort)

Tak ada gol lagi tercipta hingga babak pertama selesai.

Barcelona sudah bikin peluang empat menit setelah babak kedua dimulai. Dari crossing Alonso, Joao Cancelo menyambut bola dengan kepalanya tapi Ryznyk bisa menepisnya.

Torres sempat bikin gol pada menit ke-59 setelah menerima umpan rekannya, tapi dianulir wasit karena sudah terjebak offside.

Tiga menit kemudian Shakhtar memangkas skor jadi 1-2 lewat Heorhii Sudakov yang juga jadi tembakan pertama tim tamu di laga ini.

Serangan cepat dari sisi kiri membuat pertahanan Barcelona terbuka. Irakli Azarovic dan Sudakov memainkan umpan 1-2 sebelum dituntaskan nama terakhir jadi gol ke gawang Ter Stegen.

Shakhtar Donetsk merayakan gol ke gawang Barcelona. (Foto: REUTERS/ALBERT GEA)

Fermin nyaris bikin gol lagi pada menit ke-69 andaikan bola sepakannya tidak membentur tiang. Semenit kemudian gol Fermin dianulir VAR karena terjebak offside ketika menerima umpan silang Alonso.

Shakhtar coba mengejar ketertinggalan tapi beberapa kali upaya mereka selalu gagal. Salah satunya lewat Taras Stepanenko pada menit ke-83 yang melepaskan sepakan voli, namum bola melebar.

Skor 2-1 bertahan hingga laga usai untuk kemenangan Barcelona.

Susunan pemain

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Joao Cancelo, Ronald Araujo, Inigo Martinez (Andreas Christensen 82'), Marcos Alonso (Alejandro Balde 70'); Fermin Lopez (Marc Casado 80'), Oriol Romeu, Ilkay Guendogan; Lamine Yamal, Ferran Torres, Joao Felix (Marc Guiu 75').

Shakhtar Donetsk: Dmytro Riznky; Yukhym Konoplia, Valerii Bondar, Mykola Matvyenko, Irakli Azarovi; Taras Stepanenko (Eguinaldo 92'); Oleksandr Zubkov, Artem Bondarenko, Heorhii Sudakov, Dmytro Kryskiv (Newertton 63'); Danylo Sikan (Kevin Kelsy 70').






























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Barcelona Vs Shakhtar: Blaugrana Menang Tipis"