Hagia Sophia

08 October 2023

Liga Inggris: Manchester United Unggul Atas Brentford 2-1

Manchester United menang 2-1 atas Brentford secara dramatis (Foto: REUTERS/MOLLY DARLINGTON)

Manchester United mencatatkan comeback dramatis untuk mengalahkan Brentford. MU menang 2-1 berkat dua gol Scott McTominay di injury time.

Laga MU vs Brentford dalam lanjutan Premier League digelar di Old Trafford, Sabtu (7/10) malam WIB. Setan Merah mengusung misi bangkit usai kalah di dua laga kandang terakhir secara beruntun.

Manajer MU Erik ten Hag menurunkan Harry Maguire dan Jonny Evans sebagai starter di lini pertahanan. Raphael Varane absen karena mengalami cedera ringan.

MU tertinggal 0-1 di babak pertama setelah tim tamu mencetak gol lebih dulu lewat Mathias Jensen. Terus berupaya mencetak gol, MU akhirnya sukses membalikkan keadaan di injury time lewat dua gol McTominay.

Berkat kemenangan ini, MU naik ke peringkat sembilan klasemen Liga Inggris dengan 12 poin dari delapan laga. Sementara Brentford ada di urutan ke-14 dengan tujuh poin.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan cukup imbang pada 15 menit pertama. Meski demikian, baik MU maupun Brentford belum menciptakan peluang berarti.

Brentford membuka keunggulan pada menit ke-26. Mathias Jensen menjebol gawang MU usai memanfaatkan kemelut di kotak penalti.

Gol ini berawal dari kesalahan Casemiro di area permainan sendiri. Para pemain Brentford kemudian menyerang balik dengan cepat. Barisan pertahanan MU gagal menghalau bola dan Jensen kemudian sukses menaklukkan Andre Onana.

Respons instan nyaris diberikan MU. Namun tendangan Bruno Fernandes diblok pemain Brentford.

MU mendapat peluang lewat Marcus Rashford yang masuk ke kotak penalti dari sisi kiri. Rashford kemudian melepaskan tembakan ke arah tiang dekat, tapi bola masih bisa diamankan Thomas Strakosha.

Memasuki babak kedua, MU melakukan pergantian pemain. Casemiro ditarik keluar dan digantikan oleh Christian Eriksen.

Eriksen melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Tendangan mendatarnya itu bisa ditepis oleh Strakosha dan bola muntah langsung dibuang oleh bek Brentford.

Bruno Fernandes mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Strakosha masih bisa menepisnya.

Upaya MU untuk mencetak gol lewat Alejandro Garnacho belum membuahkan hasil. Tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Brentford.

Neal Maupay melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Onana menepis bola dan menghasilkan sepak pojok untuk Brentford.

Dari sepak pojok itu, Norgaard cukup leluasa untuk meneruskannya dengan sundulan. Upaya Norgaard itu memaksa Onana melakukan penyelamatan.

MU sempat membobol gawang Brentford pada menit ke-89 setelah Kristoffer Ajer melakukan gol bunuh diri. Namun gol dianulir wasit karena ada pemain MU yang offside dalam proses terjadinya gol tersebut. Keputusan wasit itu ditegaskan oleh VAR.

MU akhirnya mencetak gol pada menit ke-90+3 lewat Scott McTominay. Garnacho melepaskan umpan tarik dan tendangan Dalot ditepis Strakosha. Bola muntah bisa dimaksimalkan oleh McTominay.

McTominay kembali bikin gol pada menit ke-90+7. Berawal dari tendangan bebas, bola disundul oleh Harry Maguire dan diteruskan McTominay dengan sundulan untuk membawa MU membalikkan keadaan.

Susunan Pemain

Manchester United: Andre Onana; Victor Lindelof (Martial 71'), Harry Maguire, Jonny Evans, Diogo Dalot; Sofyan Amrabat (McTominay 87'), Casemiro (Eriksen 46'); Bruno Fernandes, Mason Mount (Antony 63'), Marcus Rashford (Garnacho 63'); Rasmus Hojlund

Brentford: Thomas Strakosha; Nathan Collins, Ethan Pinnock, Kristoffer Ajer; Mads Roerslev, Mathias Jensen (Ghoddos 83'), Christian Norgaard, Vitaly Janelt (Frank 70'), Aaron Hickey; Bryan Mbeumo, Yoane Wissa (Maupay 70')



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "MU Vs Brentford: Dramatis! Setan Merah Menang Berkat 2 Gol di Injury Time"