Hagia Sophia

08 October 2023

Miliki Gen Pemicu Alzheimer, Pemeran Thor Ini Merubah Gaya Hidupnya

Chris Hemsworth divonis memiliki risiko tinggi terkena alzheimer. (Foto: Getty Images)

Chris Hemsworth baru-baru ini membagikan perkembangan tentang gaya hidup yang dijalani setelah disebut memiliki risiko alzheimer. Pada 2022 lalu, pemeran Thor itu mengetahui kalau dirinya memiliki dua gen APOE4, gen yang menjadi salah satu faktor risiko terbesar penyakit alzheimer.

Hemsworth mendapatkan masing-masing gen tersebut dari ayah dan ibunya. Hal tersebut membuat Hemsworth memiliki risiko hingga 10 kali lebih tinggi terkena alzheimer.

Mengetahui risiko tersebut, Hemsworth mengaku melakukan banyak perubahan pada gaya hidupnya. Hemsworth yang terkenal memiliki fisik yang fit itu mengungkapkan saat ini dirinya lebih fokus terhadap keseimbangan antara tubuh dan pikiran guna menunjang kesehatan otaknya.

"Sekarang, saya lebih banyak mempratikkan kesendirian dalam hidup saya. Saya selalu cukup konsisten dengan komitmen olahraga saya, tapi belakangan saya benar-benar merasakan pentingnya meluangkan waktu untuk diri sendiri tanpa suara atau rangsangan dari luar," ujarnya, dikutip dari Men's Health, Sabtu (7/10/2023).

Hemsworth menambahkan kalau dia juga mengurangi latihan beban untuk membentuk otot, dan mulai memperbanyak kardio.

"Bobot tubuh saya sering berubah karena berbagai peran dan keinginan saya dalam menantang fisik dengan cara yang berbeda. Sekarang, saya lebih jarang mengangkat beban dibanding sebelumnya dan saya melakukan lebih banyak latihan kardio serta latihan ketahanan," terangnya.

Ia juga kini sering melatih kesadaran penuh melalui meditasi dan latihan pernapasan saat sedang sauna, berendam dengan air es, atau berselancar.

"Cara yang paling saya sukai untuk melatihnya adalah dengan sepenuhnya hanyut dalam aktivitas fisik yang betul-betul memaksa saya keluar dari kepala dan masuk ke tubuh, misalnya saja dengan berselancar," ungkapnya.

Terakhir, Hemsworth menuturkan dirinya semakin ketat mengontrol pola tidurnya.

"Saya sekarang memiliki pendekatan yang lebih konsisten terhadap pola tidur. Saya mencoba untuk tidak menatap layar satu jam sebelum tidur, dan membaca hampir setiap malam juga benar-benar membantu. Selain itu, mencoba untuk tidak terikat pada setiap pemikiran dan menjadi pengamat dari kebisingan alih-alih menjadi bagian darinya," pungkas Hemsworth.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Punya Gen Pemicu Alzheimer, Chris Hemsworth Mati-matian Ubah Gaya Hidup"