Hagia Sophia

08 October 2023

Banyak Sekolah Ditutup di Prancis, Akibat Kutu Busuk Mewabah

Foto: REUTERS/STEPHANIE LECOCQ

Prancis terpaksa menutup tujuh sekolah di tengah meningkatnya populasi kutu busuk di sejumlah wilayah termasuk Paris. 'Wabah' kutu busuk tidak hanya menyebar di tempat transportasi, melainkan sejumlah sekolah.

"Kutu busuk terdeteksi di berbagai tingkat. Saya yakin ada 17 institusi, dan saat ini ada tujuh sekolah ditutup karena alasan ini," kata Menteri Pendidikan Gabriel Attal kepada televisi Prancis.

Pemerintah Prancis telah mengadakan serangkaian pertemuan pekan ini untuk memeriksa lonjakan jumlah kasus kutu busuk. Mengingat, sebentar lagi negaranya menjadi tuan rumah Piala Dunia Rugbi dan selanjutnya tuan rumah Olimpiade Paris 2024.

Sebelumnya pada Jumat, Kementerian Pendidikan mengatakan lima sekolah dengan total 1.500 siswa ditutup sementara.

Awal pekan ini, pihak berwenang mengumumkan dua sekolah, satu di Marseille dan yang lainnya di Villefranche-sur-Saone di luar Lyon di tenggara Prancis, juga ditutup untuk pembersihan.

"Kami memiliki hampir 60.000 institusi dan kami hanya berbicara tentang beberapa sekolah di sini, tetapi memang benar bahwa kasus-kasusnya terus menumpuk," kata Attal.

"Respons cepat diperlukan agar institusi kita dapat ditangani dalam waktu 24 jam."

Dia mengatakan daftar sekolah yang disetujui telah disiapkan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan badan kesehatan daerah, sehingga kepala sekolah dapat meminta mereka melakukan intervensi dengan cepat.

"Sebuah perpustakaan kota di utara kota Amiens akan dibuka kembali pada hari Sabtu setelah ditutup selama beberapa hari imbas kutu busuk terdeteksi di ruang baca umum," kata Wali Kota Amiens Brigitte Foure kepada AFP.

Pasca dibersihkan, tidak ada lagi kutu busuk yang ditemukan, begitu pula saat dilakukan pencarian dengan anjing pelacak hama tersebut.

Sepersepuluh dari seluruh rumah tangga Prancis diyakini mempunyai masalah kutu busuk selama beberapa tahun terakhir. Pemerintah menyebut operasi pengendalian hama menelan biaya beberapa ratus euro.

Serangga penghisap darah ini paling banyak ditemukan di metro Paris, di dalam kereta, juga di Bandara Charles De Gaulle Paris.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kutu Busuk Mewabah di Prancis, Banyak Sekolah Terpaksa Ditutup!"