Hagia Sophia

08 October 2023

Tempat Kos Penuh Sampah, Ini Beda Hoarding Disorder Vs Malas Beberes

Foto: SS Viral TikTok

Viral di TikTok sebuah video yang diunggah oleh salah seorang netizen memperlihatkan sebuah kamar kos yang sangat berantakan dan penuh sampah berserakan. Tidak hanya penuh barang dan sampah, kamar tersebut juga dibanjiri oleh air dari kamar mandi.

Akibat kejadian tersebut, tak sedikit netizen yang mengaitkannya dengan kondisi hoarding disorder. Sebenarnya apa sih hoarding disorder itu?

Psikolog klinis Veronica Adesla menjelaskan, hoarding disorder merupakan sebuah gangguan perilaku menimbun barang. Kondisi ini ditandai dengan kesulitan yang berlangsung terus menerus untuk membuang atau berpisah dari barang-barang yang dimilikinya.

"Orang yang mengalami gangguan hoarding disorder merasa ada kebutuhan untuk menyimpan barang-barang ini dan sulit untuk berpisah dengan barang-barang ini," ucap Veronica ketika dihubungi detikcom, Jumat (6/10/2023).

"Kesulitan untuk membuang barang-barang ini mengakibatkan penumpukan yang memakan banyak ruang sehingga membuat tempat tinggal menjadi kacau, berantakan tidak layak dihuni, dan dapat membahayakan orang yang tinggal di dalamnya," sambungnya.

Perbedaan Hoarding Disorder dan Malas Beres-beres

Menurut Veronica, hoarding disorder membuat orang yang mengidapnya tersebut memiliki keterikatan emosional dengan barang-barang yang ditimbun, sehingga pengidapnya enggan untuk melepaskan barang-barang tersebut, bahkan bisa marah jika barangnya dibuang.

"Kalau orangnya malas saja, kalau barangnya dibuang atau dirapikan ia tidak akan masalah. Bila ada orang yang kemudian merapikan atau membantu membuang, yang bersangkutan tidak berkeberatan atau malah senang-senang saja," ucap Veronica.

Senada dengan keterangan tersebut, psikolog klinis Anastasia Sari Dewi menjelaskan bahwa orang yang normal masih memiliki kesadaran bahwa kamarnya sedang berantakan. Sedangkan, orang yang mengalami hoarding disorder sudah tidak memiliki kepedulian sama sekali.

"Kalau orang yang malas saja rumah atau kamar itu barang-barang yang ada di rumah atau kamarnya itu cenderung barang-barang yang masih berguna," ujarnya.

"Bukan sampai yang kayak sampah-sampah yang masih ada makanannya atau barang-barang yang menimbulkan bau, menimbulkan banjir hingga," pungkasnya.

Sari mengatakan bahwa kondisi yang terjadi di dalam video viral tersebut memang mengarah pada kondisi hoarding disorder. Namun, menurutnya perlu dilakukan pemeriksaan lebih jauh pada penghuni kamar tersebut untuk menentukan diagnosis yang tepat.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dikaitkan Viral Kos Penuh Sampah, Ini Beda Hoarding Disorder Vs Malas Beberes"