Hagia Sophia

06 December 2023

Ini Alasan Mancini Pindah dari Timnas Italia ke Arab Saudi

Pelatih Timnas Arab Saudi, Roberto Mancini. (Foto: Getty Images/Claudio Villa)

Roberto Mancini dituding sebagai mata duitan setelah meninggalkan Timnas Italia dan hijrah ke Arab Saudi. Dia menegaskan uang bukan motivasi tunggal ke Arab.

Mancini menerima tawaran melatih Arab Saudi pada musim panas 2023. Kabar itu diumumkan tak lama setelah pria 59 tahun itu meninggalkan posnya di Timnas Italia.

Di Arab Saudi, Mancini mendapat kontrak berdurasi empat tahun. Dia dikabarkan menerima bayaran 30 juta euro per tahun dari The Green Falcons.

Kepindahan Roberto Mancini ke Arab Saudi disambut negatif publik Italia. Banyak yang menudingnya mata duitan karena melepas posisinya di Gli Azzurri demi tawaran Arab Saudi.

Kecaman terhadap Mancini terus terasa empat bulan berselang. Presiden FIGC, Gabriele Gravina, baru-baru ini mengaku masih kehilangan atas kepindahan pelatih yang membawa Italia juara Piala Eropa 2020 itu.

"Anda mestinya bertanya ke Roberto Mancini. Saat ini saya belum bisa merelakan kepahitan yang saya rasakan. Saya berbagi lima tahun bersama Roberto dan ketika Anda membangun lima tahun itu dengan emosi kuat, hasil yang bersejarah, bagaimana Anda bisa menanggalkan segalanya?" kata Gravina, dilansir dari Tuttomercatoweb.

Mancini menanggapi kekecewaan Gravina atas keputusannya pindah ke Arab Saudi. Dia tak menampik dirinya juga kecewa karena harus meninggalkan Timnas Italia.

Di satu sisi, Mancini juga mengakui banyak dirundung kekecewaan di Timnas Italia. Dia terutama merasa tak mendapat dukungan dari FIGC pada saat-saat terakhirnya di La Nazionale.

"Saya juga kecewa. Katakanlah setelah bertahun-tahun terkadang sebuah keputusan harus dibuat. Mungkin ini adalah keputusan yang seharusnya diambil lebih awal, tetapi pada saat yang sama, saya juga bisa memahami seseorang bisa merasa terpukul karenanya," ujar Mancini menanggapi komentar Gravini.

"Saya pun kecewa karena banyak hal dan menyesalkan itu, sebab saya bisa saja bertahan sepuluh tahun lagi [di Italia]. Sesuatu telah berubah dibandingkan sebelumnya, tetapi bolehkah saya mengatakan satu hal? Terlalu banyak yang telah diberitakan," sambungnya.

"Dahulu ada banyak surat kabar, jurnalis, editor, dan pemilik surat kabar yang serius menuliskan sesuatu dengan benar, sekarang yang ditulis kebanyakan omong kosong dan tak masuk akal: Saya pergi karena berbagai alasan. Uang? Itu juga salah satunya," pungkas Mancini.




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Roberto Mancini ke Arab Saudi Bukan Hanya karena Uang Semata"