Hagia Sophia

30 January 2024

Bagaimana Masa Depan Van Dijk Sepeninggal Klopp?

Virgil van Dijk lanjut gak di Liverpool musim depan? (Getty Images/Clive Brunskill)

Kepergian Juergen Klopp di akhir musim membuat masa depan sejumlah pemain Liverpool dispekulasikan. Salah satunya kapten The Reds Virgil van Dijk.

Klopp memutuskan untuk meninggalkan Liverpool setelah musim 2023/2024 selesai atau lebih cepat dari durasi kontraknya, yang habis 2026.

Klopp mengaku lelah dan ingin beristirahat dulu setelah intens melatih selama 16 tahun terakhir. Kepergian Klopp tentu akan merugikan Liverpool yang harus mencari pengganti sepadan.

Tidak cuma soal pengganti Klopp, masa depan beberapa pemain kunci juga jadi pertanyaan. Sebab ada tiga pilar yang kebetulan kontraknya tersisa 18 bulan, yakni Van Dijk, Trent Alexander-Arnold, dan Mohamed Salah.

Ada isu kalau ketiganya tengah mempertimbangkan dulu langkah klub soal pengganti Klopp, sebelum meneken kontrak baru. Ini tentu merugikan Liverpool jika tidak segera mencari manajer baru.

"Klub punya tugas yang tidak mudah saat ini. Kita semua tahu itu, mencari pengganti Klopp dan bukan hanya manajer, tapi juga staf pelatih yang pergi, dan ada banyak hal bakal berubah," ujar Van Dijk di ESPN.

"Jadi klub punya tugas besar untuk diselesaikan dan saya penasaran seperti apa langkah klub. Tapi, kami akan melihat keputusan klub sebelum memutuskan soal masa depan kami. Saya tidak bisa bicara banyak soal itu."

"Memang ini bakal jadi akhir era Juergen Klopp. Saya sangat senang masih jadi bagian dari itu. Itulah mengapa saya tidak ingin membicarakan soal itu (masa depan). Saya masih jadi bagian dari tim ini."

Virgil van Dijk sudah bermain di Liverpool sejak Januari 2018 dengan total 21 gol dan 14 assist dari 246 laga.



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Klopp Pergi Akhir Musim, Masa Depan Van Dijk Gimana?"