Hagia Sophia

30 January 2024

Waspadai..Mulut Kering Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius

Kondisi mulut yang kering bisa menjadi tanda mengalami penyakit serius. (Foto ilustrasi: Istock)

Meskipun mulut kering merupakan hal yang umum terjadi, ada sejumlah tanda peringatan akan kesehatan atau masalah serius. Dokter gigi terkemuka di Inggris baru-baru ini mengungkap 'red flag' lima penyakit serius yang tidak boleh diabaikan, ciri awalnya terlihat di mulut.

Azad Eyrumlu, memperingatkan mulut kering yang terjadi terus-menerus dapat mengindikasikan adanya masalah di bagian tubuh lain.

Berikut keluhannya:
  • Rasa lengket di mulut
  • Tenggorokan kering
  • Nyeri tenggorokan
  • Kesulitan mengunyah atau menelan
  • Bau mulut
"Kondisi kesehatan tertentu seperti stroke, diabetes, atau penyakit Alzheimer dapat muncul dengan cara ini. sementara gejala-gejala ini juga bisa menjadi indikator kelainan autoimun seperti HIV atau sindrom Sjogren," bebernya.

"Saat Anda mengunjungi dokter gigi, kami tidak hanya memperhatikan kesehatan mulut Anda. Kami juga dilatih untuk menemukan masalah tertentu yang lebih luas pada kesehatan umum Anda. Sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut Anda. perhatikan kesehatan Anda sendiri dan jika Anda melihat gejala mulut kering yang terus-menerus maka Anda harus memberitahukan hal ini kepada dokter Anda," sarannya.

Air liur atau ludah seseorang berfungsi lebih dari sekadar pelembap, itu memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mulut termasuk membantu menetralkan asam berbahaya yang dihasilkan oleh bakteri dan membersihkan sisa makanan. Hal ini otomatis ikut berperan penting dalam mencegah kerusakan gigi.

Selain itu, air liur membawa enzim bermanfaat yang membantu proses pencernaan, memastikan tubuh menyerap vitamin dan nutrisi yang diperlukan. Kondisi saat produksi air liur tidak cukup untuk menjaga kelembapan mulut disebut Xerostomia.

Setiap orang disarankan untuk mengunjungi dokter gigi setiap setengah tahun atau enam bulan sekali untuk memastikan perawatan mulut yang optimal. Hal ini juga membantu mereka mengenali permasalahan yang muncul.

Pakar gigi menganjurkan menyikat gigi selama dua menit dengan pasta gigi berfluoride dua kali sehari, flossing secara teratur, dan menggunakan obat kumur.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Ciri Mulut Kering yang Bisa Jadi Pertanda Alami Penyakit Serius"