Hagia Sophia

11 January 2024

Beberapa Tanaman Herbal Ini Ampuh Redakan Gejala Vertigo

7 Tanaman Herbal untuk Obati Sakit Vertigo/Foto: iStock

Tanaman herbal telah dipercaya sejak lama sebagai pengobatan alami. Beberapa dari tanaman tersebut diketahui dapat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit vertigo.

Vertigo adalah suatu kondisi di mana seseorang merasakan pusing, berputar, tidak stabil, dan kehilangan keseimbangan. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti infeksi telinga bagian dalam, cedera kepala, atau bahkan efek samping pengobatan.

Meskipun ada banyak pengobatan konvensional yang tersedia, Bunda juga dapat memilih pengobatan secara alami untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini.

7 Tanaman Herbal untuk Obati Sakit Vertigo

Terkadang vertigo akan membaik dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu, ini bisa diatasi dengan baik menggunakan berbagai pengobatan alami, termasuk membuat ramuan dari tanaman herbal berikut ini.

1. Ginkgo Biloba
Melansir dari laman Medical News Today, ginkgo biloba adalah ramuan Cina yang dikenal dapat mengatasi gejala vertigo. Para ilmuwan masih belum yakin bagaimana cara kerjanya, namun tampaknya obat ini dapat mengencerkan darah dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Tinjauan studi pada 2021 melaporkan bahwa ekstrak ginkgo biloba bekerja lebih baik daripada plasebo dan sama efektifnya dengan betahistine, obat histamin, dalam mengatasi vertigo.

2. Ashwagandha
Ashwagandha adalah ramuan adaptogenik yang biasa digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk melawan stres dan kecemasan.

Kemampuannya untuk mengatur respons stres tubuh dapat membantu meringankan gejala vertigo karena stres dapat menjadi faktor penyebabnya. Tanaman herbal yang satu ini bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau ditambahkan pada teh atau minuman lainnya.

3. Kunyit
Kunyit merupakan bumbu dapur yang telah lama juga digunakan sebagai pengobatan tradisional. Herbal yang satu ini dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu mengurangi peradangan di telinga bagian dalam dan meringankan gejala vertigo.

Jika ingin mengonsumsinya, Bunda bisa menambahkan kunyit ke dalam makanan atau dikonsumsi sebagai suplemen.

4. Jahe
Jahe merupakan anti-inflamasi dan antioksidan alami yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit.

Bahan dapur ini dipercaya dapat mengurangi peradangan di telinga bagian dalam, yang dapat menyebabkan vertigo. Jahe dapat dikonsumsi sebagai suplemen atau ditambahkan pada teh atau minuman lainnya.

5. Lemon Balm
Lemon balm memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-virus. Hal ini digunakan sebagai obat herbal untuk pengobatan banyak masalah, seperti kecemasan, depresi, hipertensi, migrain, insomnia, ketegangan saraf, dan vertigo.

Rebus satu sendok teh lemon balm kering dalam secangkir air. Biarkan mendidih selama kurang lebih 10-15 menit. Kemudian, saring tehnya dan minum beberapa kali dalam sehari selama beberapa minggu.

6. Kapulaga
Kapulaga memiliki khasiat yang mirip dengan jahe, sehingga juga dapat membantu mengobati vertigo. Bunda bisa menggunakannya dengan cara menghangatkan dua sendok teh minyak wijen dan tambahkan masing-masing satu setengah sendok teh bubuk kayu manis dan kapulaga.

Kemudian, pijat lembut kepala dengan campuran ini dan biarkan selama beberapa jam. lanjutkan pengobatan ini beberapa kali dalam seminggu.

7. Daun Kemangi
Aroma pedas dan manis dari daun kemangi berkhasiat juga sebagai obat aromaterapi untuk mengatasi sakit kepala dan vertigo.

Bunda bisa merebus tiga atau empat daun kemangi dalam satu cangkir susu. Hirup aromanya dan minumlah tonik sehat ini setiap hari sebelum tidur. Kemudian, ulangi ini setidaknya selama beberapa minggu.



























Artikel ini telah tayang di www.haibunda.com dengan judul "7 Tanaman Herbal untuk Obati Sakit Vertigo, Ramuan Alami yang Bisa Dibuat di Rumah"