Hagia Sophia

11 January 2024

Penyakit Jantung Bisa Dideteksi Lewat Jari? Ini Kata Kardiolog

Cara deteksi penyakit jantung lewat jari (Foto: Getty Images/iStockphoto/Thai Liang Lim)

Penyakit jantung adalah kondisi ketika bagian jantung yang meliputi pembuluh darah jantung, selaput jantung, katup jantung, dan otot jantung mengalami gangguan. Penyakit jantung bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya sumbatan pada pembuluh darah jantung. Selain mengetahui tanda maupun gejalanya, masyarakat juga bisa mendeteksi penyakit jantung lewat jari.

Sebab, dengan deteksi dini maupun mengenali tanda-tandanya, bisa mengurangi risiko keparahan dan kegawatan akibat penyakit jantung. Terlebih, bisa dilakukan pengobatan sedini mungkin.

Cara Deteksi Penyakit Jantung Lewat Jari

Spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Vito A Damay, SpJP(K), MKes, AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC, beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan sejumlah cara deteksi penyakit jantung lewat jari. Berikut penjelasannya.

Perubahan Warna Ujung Jari
Menurut dr Vito, adanya indikasi penyakit jantung dapat terlihat jika ujung jari kaki berwarna lebih pucat, kebiruan, atau bahkan kehitaman, hingga sulit digerakkan. Kondisi tersebut biasanya menandakan adanya bekuan-bekuan darah yang terjadi sampai ke ujung jari kaki.

"Kalau ada tanda-tanda seperti ini, kita harus curiga juga kalau penyempitan atau bekuan darah ini ada juga di jantung. Karena pembuluh darah itu sama, mekanisme penyakitnya berjalan bersamaan," jelas dr Vito beberapa waktu lalu.

"Orang-orang yang punya kolesterol tinggi, diabetes, dan tekanan darah tinggi itu bisa menyebabkan masalah pada pembuluh darah di seluruh tubuh," sambungnya.

Bintik Gelap di Bawah Kuku Jari
Selain ujung jari kaki berubah warna, muncul titik-titik kecil darah yang terperangkap di bawah kuku juga dapat menjadi salah satu cara deteksi penyakit jantung lewat jari. Kondisi ini dapat menunjukkan adanya indikasi infeksi pada lapisan jantung atau katup yang disebut endokarditis.

Juga, kondisi ini kerap dialami oleh pengidap diabetes yang 2 hingga 4 kali berisiko besar terkena penyakit tersebut.

Clubbing Finger
Deteksi penyakit jantung pada jari lainnya yakni melihat pembengkakan pada jari atau clubbing finger. Kondisi ini ditandai saat jari membengkak dengan kuku yang mengarah ke bawah. Kondisi ini bisa menjadi indikasi seseorang terkena penyakit atau infeksi pada jantung.

"Jadi, kukunya seperti timbul, jadi lebih besar. Ketika kita satukan jari kanan dan kiri, itu ada celahnya yang dinamakan clubbing finger," jelas dr Vito.

Menurut dr Vito, kondisi ini menunjukkan adanya masalah jantung karena aliran oksigen tidak mencapai dengan benar, sehingga sel menghasilkan 'faktor' yang mendorong pertumbuhan untuk mencoba dan memperbaiki masalah tersebut.

Adapun kondisi ini menurut dr Vito sering terjadi pada orang dengan penyakit jantung bawaan.

"Selain orang dengan penyakit jantung bawaan, orang yang pernah merokok lama, orang dengan penyakit paru kronis, lalu jadi penyakit jantung juga bisa memiliki tanda ini," pungkasnya.

Meski demikian, seseorang juga dianjurkan mengunjungi dokter untuk mengetahui hasil yang lebih efektif.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Deteksi Penyakit Jantung Lewat Jari? Bisa, Kardiolog Ungkap Caranya"