Hagia Sophia

11 January 2024

Idap Limfedema, Kaki Pemuda Asal Tangerang Ini Membesar Hingga 50 Kg

Pria Tangerang mengidap limfedema. (Foto: ANTARA/Azmi)

Viral pemuda di Kabupaten Tangerang, Banten, mengidap limfedema. Kondisi ini memicu pembengkakan jaringan akibat akumulasi cairan kaya protein yang biasanya dialirkan melalui sistem limfatik tubuh. Penyakit ini paling sering menyerang lengan atau kaki, tetapi bisa juga terjadi di dinding dada, perut, leher, dan alat kelamin.

Kasus limfedema yang parah dapat memengaruhi kemampuan menggerakkan anggota tubuh yang terkena, meningkatkan risiko infeksi kulit dan sepsis, juga mengakibatkan perubahan dan kerusakan kulit.

Pemuda bernama Engky (34) yang berjuang melawan kondisi tersebut sejak beberapa tahun lalu. Pada 22 Januari 2021, dirinya bahkan sempat dirujuk ke RSCM Jakarta.

"Saya sempat sekali operasi pakai BPJS mandiri, tapi ada biaya di luar BPJS seperti ongkos bolak-balik rumah sakit yang cukup banyak keluar," ucap Engky di Tangerang, Minggu, dikutip dari Antara Selasa (9/1/2024).

Penyakit lymphedema atau pembengkakan tungkai yang disebabkan oleh penyumbatan di pembuluh getah bening pada kaki kirinya itu membuat bobot kakinya mencapai 50 kilogram.

Ia menceritakan, awal mula penyakit itu diketahui ketika dirinya masih bekerja di salah satu koperasi. Kala itu, merasa demam dan kaki kirinya membengkak disertai dengan benjolan.

"Saat diperiksa dokter itu dirujuk untuk operasi di RSCM Jakarta, pada tanggal 22 Januari 2021," jelasnya.

"Untuk biaya berobat dan kebutuhan sehari-hari sampai jual mobil dan barang apa saja yang bisa dijual. Kadang ada rasa putus asa, tapi mau gimana lagi," tuturnya.

Delapan bulan pasca operasi, penyakitnya dilaporkan kembali kambuh. Pembengkakan semakin besar dan cairan keruh sampai keluar dari kakinya. Imbasnya, Engky kesulitan beraktivitas.

"Mau bangun saja susah, cuma bisa di kasur sama duduk. Semua dibantu ibu. Kadang kalau ibu lagi tidak ada di rumah bingung mau minta tolong siapa," ujarnya.

Selama ini, Engky hanya mendapat bantuan donasi kursi roda dan makanan dari pemerintah desa, camat hingga dinas sosial. Namun ia berharap adanya bantuan biaya operasi agar penyakitnya segera sembuh.

"Saya berharapnya sembuh total, agar bisa beraktivitas dan mencari kerja lagi," harap dia.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Pemuda di Tangerang Idap Limfedema, Kakinya Membesar hingga Seberat 50 Kg"