Hagia Sophia

02 January 2024

Tips Ubah Kebiasaan Jadi Lebih Sehat di Tahun 2024

Foto: Dikhy Sasra

Resolusi banyak orang di 2024 salah satunya mengubah gaya hidup demi lebih sehat, baik untuk diri sendiri maupun lingkungan. Menurut survei opini publik PBB, masyarakat di seluruh dunia mengaku perubahan iklim menjadi tanda darurat global untuk mulai membenahi kebiasaan buruk yang kerap dilakukan di tahun-tahun sebelumnya.

Beberapa orang mungkin merasa sulit untuk memulai, tetapi ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar lebih ramah lingkungan di tahun ini. Caranya mudah dan juga relatif terjangkau.

1. Asupan Makanan
Dikutip dari Channel News Asia, satu miliar ton makanan setiap tahun dilaporkan terbuang sia-sia. Limbah makanan seringkali menghasilkan metana, gas rumah kaca yang lebih kuat dibandingkan karbon dioksida.

Karenanya, lebih baik untuk melakukan 'mindful eating' alias makan secukupnya. Bisa dengan memperbanyak asupan sayuran juga kacang-kacangan, memakan lebih sedikit daging.

Pasalnya, kacang tidak memerlukan pupuk nitrogen, yang sebagian dihasilkan dari gas alam karena kemampuannya mengubah nitrogen dari udara menjadi nutrisi. Menetapkan satu hari selama sepekan 'bebas' dari daging juga bisa menjadi awal yang baik.

Tidak perlu langsung melakukan semua hal tersebut secara bersamaan, pilihlah yang paling sesuai dengan kenyamanan masing-masing.

2. Aktif Bersepeda-Jalan Kaki
Lebih baik aktif berjalan kaki, bersepeda, demi menjaga diri dan anak-anak di masa depan, agar tidak menghasilkan emisi karbon. Kebiasaan ini bisa dimulai dengan satu atau dua kali dalam seminggu di rutinitas keseharian, seperti berangkat ke sekolah, kantor, dan perjalanan lainnya.

Di daerah perkotaan, saat jarak tempuh terlalu jauh hanya dengan bersepeda, pilihannya bisa menggunakan transportasi umum. Selain terhindar dari macet, kota juga 'bebas' dari salah satu penyebab utama polusi udara.

3. Pakaian
Kebanyakan orang sering membeli baju baru. Padahal, fast fashion mempunyai dampak buruk terhadap lingkungan dan sosial. Industri fesyen menghasilkan lebih dari 92 juta ton sampah setiap tahun, sebagian besar dibakar, dibuang ke tempat pembuangan sampah, atau diekspor ke negara-negara berkembang.

Ada banyak cara untuk menjadi modis dan ramah lingkungan. Mulailah dengan mengatur lemari pakaian sehingga tahu apa yang dimiliki sebelum mulai berbelanja, dan apapun yang dibeli akan terpakai.

Jangan membuang barang rusak, ada banyak video tutorial di YouTube misalnya, yang membantu memanfaatkan pakaian bekas menjadi aksesoris.

Thrifting alias membeli barang bekas juga bisa menjadi salah satu opsi untuk lebih ramah lingkungan.

4. Kelola Sampah
Ada lebih dari 2 miliar metrik ton limbah padat perkotaan di seluruh dunia setiap tahun. Angka ini diperkirakan akan meningkat 70 persen pada 2050. Perubahan kecil yang dapat kita lakukan untuk mengurangi jumlah salah satunya dengan menulis daftar belanjaan, ini mengurangi pembelian berlebihan dan impulsif.

Bawalah tas yang dapat digunakan kembali saat berbelanja. Ada banyak tempat untuk membeli makanan tanpa kemasan berlebih seperti toko zero waste, saat pelanggan didorong untuk menggunakan wadah dari rumah untuk mengisi dan mengisi ulang makanan utuh dalam jumlah besar.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Cara Simpel Ubah Kebiasaan Jadi Lebih Sehat di 2024, yang Penting Mulai Dulu"