Hagia Sophia

02 January 2024

Beberapa Olahraga yang Bisa Bakar Lemak dan Hilangkan Perut Buncit

Olahraga untuk menghilangkan perut buncit (Foto: Getty Images/iStockphoto/Nutthaseth Vanchaichana)

Olahraga untuk membakar lemak sekaligus menghilangkan perut buncit bakal banyak dicari selepas pesta tahun baru. Pasalnya, musim libur panjang membuat pola makan tidak terkontrol sehingga berat badan melonjak.

Bakar-bakar daging atau barbeque misalnya, adalah salah satu aktivitas penyebab perut buncit yang kerap dilakukan sambil menunggu momen pergantian tahun baru. Biasanya, daging yang dibakar berupa daging merah, seperti daging sapi dan kambing.

Meski lezat, terlalu banyak mengonsumsi daging tersebut tentunya bisa menyebabkan berat badan naik drastis. Terlebih, makan-makan dilakukan saat tengah malam. Hal ini dapat memengaruhi produksi hormon insulin dan memicu obesitas serta diabetes.

Untuk terhindar dari kondisi tersebut, salah satu caranya adalah dengan berolahraga keesokan harinya guna memangkas lemak yang diperoleh usai menyantap daging.

Olahraga untuk Membakar Lemak

Beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk membakar lemak dan menghilangkan perut buncit adalah sebagai berikut:

1. Olahraga Kardio
Kardio merupakan salah satu jenis olahraga yang kerap direkomendasikan untuk membakar lemak. Beberapa jenis olahraga kardio yang cocok dilakukan untuk membakar lemak di antaranya seperti jalan cepat, lari, berenang, bersepeda, dan lain sebagainya.

2. HIIT
Ingin olahraga yang lebih intens? Cobalah melakukan HIIT atau High-Intensity Interval Training. HIIT merupakan gabungan antara olahraga berintensitas berat dan sedang yang diselingi waktu istirahat dengan durasi singkat. Biasanya, gerakan dalam HIIT terdiri dari 30-60 detik olahraga intensitas berat, kemudian istirahat selama 30 detik sebelum melanjutkan ke olahraga selanjutnya.

Gerakan dalam HIIT umumnya merupakan gabungan dari gerakan-gerakan yang ada di olahraga lain, seperti mendorong, menarik, squat, jumping jack, burpee, lifting, dan masih banyak lagi.

3. Latihan Beban
Latihan beban juga tak kalah pentingnya dalam memangkas lemak dan menghilangkan perut buncit. Otot-otot tubuh memiliki kemampuan untuk membakar kalori. Sehingga, semakin banyak otot yang dimiliki maka semakin besar pula kalori yang bisa dibakar. Tak hanya itu, latihan beban yang dikombinasikan juga latihan ketahanan juga dapat mengurangi lemak dalam tubuh sekaligus meningkatkan sistem metabolisme.

4. Latihan Otot Perut
Karena lemak biasanya menumpuk di area perut dan pinggang, melakukan olahraga yang melatih otot perut dapat membantu memangkas lemak tersebut. Selain membakar lemak, olahraga tersebut juga bisa mengencangkan otot perut sehingga membuatnya tidak lagi terlihat buncit.

Ada banyak variasi olahraga perut yang bisa dilakukan sesuai kemampuan dan usia. Orang yang mencari intensitas bisa melakukan latihan seperti mountain climbers atau beragam variasi crunch. Jika lebih memilih gerakan untuk melatih ketahanan dan mengencangkan otot-otot, maka bisa dengan melakukan plank dan variasinya. Selain itu, bisa juga dengan melakukan leg raise, leg lift, dan sit-up.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Olahraga untuk Membakar Lemak dan Menghilangkan Perut Buncit"