Hagia Sophia

02 January 2024

Berapa Lamakah Harus Jalan Kaki untuk Cegah Diabetes? Ini Studinya

Ilustrasi jalan kaki. (Foto: iStock)

Banyak riset menunjukkan jalan kaki bisa mencegah penyakit diabetes tipe 2, kondisi yang menyebabkan peningkatan gula darah di tubuh akibat resistensi insulin.

Menurut American College of Sports Medicine dan American Diabetes Association, jalan kaki sebaiknya dilakukan selama 30 menit, minimal lima kali dalam seminggu untuk mencegah diabetes tipe 2.

Bagi yang belum terbiasa, dianjurkan untuk memulai jalan kaki selama 10 menit di hari pertama, kemudian meningkatkan intensitas waktunya di hari berikutnya.

Studi lain yang dirilis jurnal Sports Medicine 2022 menemukan bukti jalan kaki yang dilakukan selama dua sampai lima menit sehabis makan, efektif menurunkan kadar gula darah.

Para peneliti melihat manfaat itu didapatkan saat berjalan kaki 60 hingga 90 menit seusai makan. Saat itu, disarankan untuk berjalan minimal dua hinna 5 menit.

Sementara penelitian terbaru yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine membuktikan bahwa jalan kaki dengan kecepatan rata-rata atau normal memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Dikutip dari CNN, jalan kaki dengan kecepatan cukup cepat memiliki risiko penurunan diabetes sebesar 24 persen lebih rendah. Adapun jalan sangat cepat memiliki penurunan risiko diabetes tipe 2 sebesar 39 persen.

Mengacu pada studi tersebut, semakin cepat kecepatan jalan kaki, semakin kecil risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Berikut kecepatan jalan kaki untuk menurunkan gula darah dalam tubuh:
  • Jalan kaki dengan mudah: kecepatan kurang dari 2 mil (3,2 kilometer) per jam.
  • Jalan kaki rata-rata atau normal: kecepatan 2-3 mil (3,2 hingga 4,8 kilometer) per jam
  • Jalan kaki cukup cepat: kecepatan 3-4 mil (4,8 hingga 6,4 kilometer) per jam
  • Jalan kaki cepat atau melangkah: kecepatan lebih dari 4 (6,4 kilometer) per jam.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Harus Jalan Kaki Berapa Lama untuk Cegah Diabetes? Ini Riset Ilmiahnya"