Hagia Sophia

02 January 2024

Misteri 5 Lubang Raksasa di Dunia

Foto: Wikimedia Commons/Yacht Rent

Teori Bumi datar seperti dipatahkan begitu saja oleh keberadaan sinkhole atau lubang runtuhan. Sinkhole menjadi pertanda bahwa Bumi memiliki banyak ruang di dalamnya, yang menjadikannya tidak mungkin datar. Lubang raksasa misterius ini muncul di beberapa belahan dunia.

Setiap sinkhole yang ada di dunia memiliki kedalaman, bentuk, dan ciri khasnya masing-masing. Ada yang berisi hutan, menyimpan air bawah tanah, hingga ada yang di dasar lautan. Hal inilah yang menjadikan sinkhole sebagai keajaiban alam.

Ada beberapa lubang runtuhan terkenal yang ada di dunia sampai menjadi landmark nya tersendiri. Penasaran apa saja lubang raksasa misterius yang ada di dunia? Simak penjelasannya berikut ini yang dilansir melalui laman Geology Science dan Listverse.

Penampakan Lubang Raksasa Misterius di Dunia

1. Xiaozhai Tiankeng, China
Xiaozhai Tiankeng adalah lubang runtuhan terbesar dan terdalam yang ada di dunia. Xiaozhai Tiankeng berlokasi di Fengjie, China. Xiaozhai Tiankeng dalam bahasa China berarti Lubang Surgawi. Sinkhole ini memiliki panjang lebih dari 2.000 kaki, lebar 1.762 kaki, dengan kedalaman sekitar 2.200 kaki.

Lubang runtuhan ini dikelilingi oleh vegetasi rimbun dan tebing batu kapur yang curam. Diperkirakan sekitar 1.285 spesies tanaman dan hewan menjadikan Xiaozhai Tiankeng sebagai rumah mereka.

Beberapa ahli geologi masih bertanya-tanya hingga saat ini, mengenai apakah Xiaozhai Tiankeng merupakan hasil dari meteorit yang menabrak bumi. Sementara beberapa ahli lainnya, meyakini bahwa sinkhole ini sudah terbentuk secara bertahap selama 128 ribu tahun.

Hal ini dibuktikan melalui air yang menetes perlahan mengukir batu kapur yang ada di sekitarnya. Setiap musim hujan terjadi, air hujan akan terjun mengalir melalui mulut lubang, dan menuju sungai bawah tanah serta jaringan gua yang berada di dasarnya.

2. Crveno Jezero Red Lake, Kroasia

Foto: Croatia Review

Sinkhole ini dijuluki Red Lake atau Crveno Jezero dalam bahasa Kroasia. Dijuluki sebagai Red Lake, karena lubang runtuhan ini dikelilingi oleh tebing berwarna kemerahan dengan tinggi sekitar 820 kaki atau 250 meter.

Crveno Jezero menjadi keajaiban alam yang berada di pedalaman Dalmatian Kroasia. Lebih tepatnya terletak kurang dari satu kilometer di sebelah barat Imotski. Crveno Jezero menjadi lubang raksasa yang ada di area tersebut.

Crveno Jezero terkenal di dunia, karena ukurannya yang besar serta karakteristik uniknya. Crveno Jezero berisi 18 cekungan besar dan kecil yang berisi air ataupun tidak.

3. The Great Blue Hole, Belize

Foto: Wikimedia Commons

Penampakan lubang raksasa misterius selanjutnya yakni The Great Blue Hole. Sinkhole ini terletak di lepas pantai Belize, Amerika Tengah. The Great Blue Hole memiliki diameter 984 kaki, dan kedalaman sekitar 407 kaki. Lubang ini menjadi bagian dari sistem cagar alam terumbu karang di Belize.

Great Blue hole memiliki visual yang sangat memukau, jadi tak heran jika dijadikan tempat menyelam ter-ikonik yang ada di dunia. Para penyelam tertarik pada dunia bawah lautnya, terutama pada stalaktit yang terendam, gua, dan beragam kehidupan laut yang ada.

Pada tahun 2012, Great Blue Hole dinobatkan sebagai salah satu tempat terbaik di bumi oleh The Discovery Channel. Tak hanya itu, Area ini adalah bagian dari Belize Barrier Reef Reserve System, yang merupakan situs warisan dunia UNESCO.

4. Sotano De Las Golondrinas, Meksiko
Sinkhole ini terletak pada wilayah Huasteca Potosina, Meksiko, dan lebih dikenal dengan sebutan "Cave of Swallows". Cave of Swallows adalah lubang runtuhan besar dengan dinding vertikal yang menjorok ke dalam sekitar 1.214 kaki.

Dinamai Cave of Swallows karena merupakan rumah bagi burung walet dan parkit hijau yang jumlahnya tak terhitung. Cave of Swallows bisa dibilang tidak terjamah manusia, sehingga menjadi bagian dari San Luis Potos's Protected Natural Area.

Pada dasarnya, lubang runtuhan ini adalah lubang menganga dengan ukuran 49 hingga 62 meter di dasar hutan. Cave of Swallows menjadi tempat yang populer bagi para pelompat BASE (Buildings, Antennas, Spans, dan Earth) untuk melakukan terjun bebas dengan parasut.

5. Guatemala City Sinkhole, Guatemala
Penampakan lubang raksasa misterius yang terakhir adalah Guatemala City Sinkhole. Guatemala City Sinkhole adalah sebuah peristiwa geologi yang terjadi secara tiba-tiba dan mengagetkan pada tahun 2010.

Sinkhole ini menarik perhatian dunia karena pembentukannya yang terjadi secara dramatis. Tak hanya itu, keberadaan sinkhole ini memberikan dampak terhadap lanskap kota. Lubang runtuhan ini terletak di Kota Guatemala, dengan diameter sekitar 66 kaki dan kedalaman lebih dari 98 kaki.

Guatemala City Sinkhole diperkirakan muncul dalam semalam setelah hujan deras. Diakibatkan oleh pecahnya pipa pembuangan yang menyebabkan tanah melunak, dan runtuh secara tiba-tiba. Dengan adanya peristiwa ini, mengingatkan kita akan permukaan bumi yang tidak bisa diprediksi dan dinamis.



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Seram! 5 Lubang Raksasa Misterius di Dunia Ini Bikin Ngeri"