Hagia Sophia

02 January 2024

Heboh Kasus Perselingkuhan Pilot dan Pramugari, Ini Komentar Psikolog

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages

Baru-baru ini heboh kasus perselingkuhan yang terjadi antara pilot dan pramugari di maskapai Citilink. Kasus ini mencuat setelah istri pilot yang seorang seleb TikTok, Ira Nandha, membongkarnya lewat akun Instagram miliknya.

Disebutkan bahwa suaminya telah berselingkuh sebanyak enam kali sejak awal pernikahannya. Namun, kali ini Ira merasa tidak mau lagi menutupi kasus tersebut.

"Aku berhasil bertahan 4 tahun ini dgn diam. kali ini aku hancur, tapi aku gamau hancur sendirian. kita rasain bareng bareng ya," tulis postingan Ira, seperti dilihat detikcom Senin (1/1/2024).

Penyebab Orang Berselingkuh

Psikolog klinis Annisa Mega Radyani, MPsi, menjelaskan perselingkuhan yang dilakukan seseorang bisa disebabkan banyak faktor. Namun, menurutnya tidak ada penyebab pasti seseorang bisa melakukan perselingkuhan.

Meski begitu, ada beberapa faktor yang mungkin bisa menjadi penyebab perselingkuhan terjadi.

1. Tidak terpenuhinya kebutuhan atau keinginan pasangan
Hal pertama bisa karena tidak terpenuhinya kebutuhan atau keinginan dari pasangan. Misalnya kebutuhan cinta, rasa aman, dan lain sebagainya.

"Yang paling sering itu karena kita merasa kebutuhan akan sesuatu hal. Banyak hal misal kebutuhan akan cinta, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan untuk macam-macam itu tidak terpenuhi dengan pasangan," ucap Annisa dikutip dari program e-Life detikcom beberapa waktu lalu.

"Dia mungkin merasa bosan, berarti kan kebutuhan untuk excitement kan tidak terpenuhi makanya dia cari orang lain. Atau dia merasa nggak terpenuhi secara finansial, ya udah dia akhirnya cari yang lain yang bisa memenuhinya," sambungnya.

2. Ketidakmampuan seseorang mengatasi masalah
Selain itu, ketidakmampuan seseorang untuk mengatasi masalah hingga mengambil keputusan juga bisa menjadi penyebab perselingkuhan. Ini dianggap sebagai jalan untuk mengatasi sebuah masalah.

"Kemampuan seseorang untuk mengambil keputusan itu biasanya kurang baik, jadi orang ini biasanya ketika dia nggak merasa terpenuhi kebutuhannya, dia nggak bisa mengontrol perilakunya, dan dia nggak punya pemecahan masalah yang baik, ya udah selingkuh aja," jelasnya.

"Jadi seakan selingkuh itu jadi jalan pintas, padahal sebenarnya itu banyak permasalahan yang bisa diomongin ke pasangan," lanjut Annisa.

3. Faktor kesempatan
Faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab perselingkuhan adalah adanya kesempatan. Selain itu, pemahaman konsep perselingkuhan yang berbeda juga bisa menjadi pemicu kuat seseorang berselingkuh.

"Adanya kesempatan atau situasi yang memperbolehkan kita kenalan sama orang baru yang lebih menarik, ada orang yang mungkin juga suka sama kita, itu juga bisa bikin orang selingkuh," ungkap Annisa.

"Jadi ada juga orang-orang yang akhirnya menganggap bahwa selingkuh itu nggak papa. Teman-temanku di sekitar juga sering selingkuh. Nah, akhirnya konsep dirinya tentang cinta dan perselingkuhan akhirnya berubah. Jadi akhirnya dia merasa ini adalah hal yang wajar dan akhirnya apa dia selingkuh," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ramai Perselingkuhan Pilot-Pramugari, Psikolog Singgung Pemicu Doyan 'Main Belakang'"