Hagia Sophia

02 January 2024

Kasus Perselingkuhan Sedang Heboh, Waspadai Ciri Pasangan Selingkuh

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Tero Vesalainen

Kasus dugaan perselingkuhan antara pilot dan pramugari di salah satu maskapai viral di media sosial. Hal ini dialami seleb TikTok, Ira Nandha.

Dalam postingannya, Ira mengatakan perselingkuhan suaminya sudah berlangsung beberapa kali. Baik dengan orang yang sama, maupun dengan orang baru.

"6x ketahuan. 5x dgn orang yg sama, 1x org yg berbeda. dari awal nikah udah di s3lingkuhin dgn org yg sama dan selalu aku tutupin," tulis postingan Ira, seperti dilihat detikcom Senin (1/1/2024).

"Aku berhasil bertahan 4 tahun ini dgn diam. kali ini aku hancur, tapi aku gamau hancur sendirian. kita rasain bareng bareng ya," sambungnya.

Kasus perselingkuhan seperti yang terjadi ini, bisa terjadi pada siapa saja. Adakah ciri atau gerak-gerik yang bisa diperhatikan?

Menurut psikolog klinis Anastasia Sari Dewi, gerak-gerik seseorang yang selingkuh dapat dibedakan dari motivasinya. Dilihat dari motivasi ini, dapat membuat gerak-gerik atau ciri-ciri seseorang yang bisa berbeda dalam menjalani perselingkuhan.

"Ini tergantung dari motivasi perselingkuhannya. Ada motivasinya selingkuh karena ingin pisah dari pasangan sahnya, dan ada yang ingin selingan atau jenuh dengan pasangan aslinya," jelas Sari pada detikcom beberapa waktu lalu.

Sari menjelaskan saat seseorang sudah ingin berpisah mempunyai kecenderungan lebih dingin daripada biasanya pada pasangannya. Hal ini akan jelas terlihat dari pasangan yang memang dari awal ingin berpisah.

Misalnya bisa terlihat dari perhatiannya, hadiah, atau waktu yang diberikan untuk pasangannya. Bahkan, bisa terlihat dari komunikasi hingga aktivitas seksual yang jauh berkurang dari sebelumnya.

"Dan juga akan timbul banyak pertengkaran dari pasangan ini, karena dia sudah nothing to lose jadi kalau pisah ya tidak apa-apa," tuturnya.

Namun, Sari juga mengungkapkan orang yang selingkuh karena bosan bisa juga akan bersikap lebih manis pada pasangannya. Hal itu dilakukan untuk menutupi rasa bersalah yang ada dipikirannya karena berselingkuh.

Selain menutupi rasa bersalah, sikap manis itu dilakukan agar perselingkuhan tidak diketahui pasangan sahnya.

"Orang yang selingkuh juga biasanya tidak tertarik lagi dengan pembicaraan-pembicaraan sederhana karena sudah diobrolin dengan orang lain. Kalau hal penting masih dibahas, tapi pembahasan yang sifatnya keseharian itu kayak sebelumnya dia suka cerita tapi sekarang enggak. Itu perlu dicari tahu," jelasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Lagi Kasus Perselingkuhan, Waspadai Gerak-gerik Pasangan Selingkuh"