Hagia Sophia

22 February 2024

Beberapa Tanda Keguguran yang Muncul pada Ibu Hamil

Ilustrasi keguguran. (Foto: iStock)

Keguguran adalah berhentinya kehamilan saat usia janin kurang dari 20 minggu. Menurut penelitian, sekitar 30 persen kehamilan berakhir dengan keguguran.

Spesialis obgyn dari RS Pondok Indah dr Novan Satya Pamungkas, SpOG, Subsp KFM mengatakan perdarahan merupakan ciri-ciri keguguran pada ibu hamil di awal kehamilan. Jika perdarahan terjadi, ibu hamil harus segera ke fasilitas kesehatan.

"Ada perdarahan dari kemaluan di trimester pertama. Kalau ada perdarahan itu berarti ada ancaman keguguran. itu harus segera ke dokter," kata dr Novan dalam temu media, Selasa (20/2/2024).

Tanda-tanda keguguran lainnya juga terjadi nyeri perut hebat. Selain itu ibu hamil mengalami mual dan muntah berlebihan hingga dehidrasi.

Terkait penyebab keguguran pada trimester pertama, dr Novan mengatakan seringkali pemicunya adalah masalah pada janin. Terkadang terjadi masalah pada pembuahan yang memicu masalah genetik. Hal ini menyebabkan janin tak berkembang secara normal sehingga memicu keguguran.

"Jadi janinnya itu nggak normal karena kelainan genetik. Bukan berarti bapak atau ibunya ada masalah genetik, ya. Bisa jadi spermanya atau sel telurnya jelek, ketemu, ya (keguguran)," jelasnya.

Tanda-tanda keguguran lainnya yang harus diperhatikan yakni:
  • kram dan nyeri di perut bagian bawah
  • keluarnya cairan dari vagina
  • tidak lagi mengalami gejala kehamilan
  • sakit punggung
  • kontraksi


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tanda-tanda Keguguran pada Bumil, Sering Terjadi di Awal Kehamilan"