Hagia Sophia

22 February 2024

Ratusan Serangga Bersarang di Hidung Hingga Membuat Pria Ini Susah Bernapas

Dokter menemukan ratusan serangga yang hidup di dalam hidung. (Foto: Tangkapan layar viral)

Seorang pria di Florida, Amerika Serikat, akhirnya bisa bernapas dengan lega lagi. Dirinya sempat kesulitan berpanas akibat ratusan serangga yang ternyata hidup di dalam hidungnya. Kok bisa?

Pria yang tidak disebutkan identitasnya itu mulai merasa ada yang tidak beres dengan tubuhnya sejak Oktober 2023. Ia mengira kondisi itu dipengaruhi penyakit neuroblastoma yang memang sudah diidapnya 30 tahun lalu, sampai harus menjalani pengangkatan tumor di hidungnya.

Kondisi itu juga menyebabkan sistem kekebalan tubuhnya sangat lemah. Sejak Oktober 2023 itu, ia merasa wajahnya membengkak dalam beberapa jam.

"Selama beberapa jam, wajah saya mulai bengkak, bibir saya membengkak, saya hampir tidak dapat berbicara. seluruh wajah saya terasa seperti terbakar," kata pasien tersebut yang dikutip dari laman First Coast News, Rabu (21/2/2024).

"Saya mulai mimisan, mimisan terus-menerus. Saya bahkan tidak bisa bangun untuk pergi ke kamar mandi dengan kondisi hidung saya mulai berdarah," sambungnya.

Merasa kondisinya terus memburuk, pria itu langsung pergi ke rumah sakit HCA Florida Memorial di Jacksonville, Florida. Saat diperiksa dokter THT yang bertugas saat itu, David Carlson, terlihat ada gerakan di dalam hidungnya.

"Saya terus memeriksa lebih lanjut untuk melihat lebih dekat penyebab mimisan tersebut, jadi kami mengambil kamera dan melihat ke dalam hidung dan saat itulah segalanya berubah secara dramatis," ujarnya.

Gambar hasil kamera itu memperlihatkan lusinan serangga hidup yang memakan bagian dalam hidung dan rongga sinus pria tersebut. Serangga-serangga itu juga membuang kotorannya di tempat yang sama.

Dr Carlson mengungkapkan larva serangga melepaskan jaringan dan kotorannya. Hal ini membuat lingkungan beracun yang menyebabkan peradangan, yang terlihat karena adanya kelainan yang signifikan pada hidung pasien. Menurutnya, itu bukan serangga mikroskopis.

"Dari segi ukuran bervariasi, tapi yang lebih besar sama besarnya dengan ujung kelingkingku. Aku tahu dia dalam masalah besar, ada erosi yang terjadi di dekat pangkal tengkorak sangat dekat dengan mata dan otaknya," jelas dia.

"Ada larva di dalam hidung yang berlarian dan mencari tempat untuk makan, dan ada pula yang telah bersembunyi di jaringan."

Tindakan medis yang dilakukan

Melihat kondisi hidung pasiennya, Dr Carlson mencoba mengeluarkannya dengan alat penyedot. Tetapi, alat itu tersumbat karena ukuran serangga yang cukup besar.

Maka dari itu, dokter harus mengeluarkannya satu per satu menggunakan alat yang berbeda-beda. Itu sangat menyakitkan karena serangganya tidak mau keluar dari hidung.

Total ada sekitar 150 serangga dalam tahap larva dikeluarkan dari hidung pasien. Hasil temuan itu segera dikirim ke ahli epidemiologi untuk menentukan jenis serangga tersebut.

"Mereka berada tepat di dasar tengkoraknya, tepat di bawah otaknya, jika mereka melewatinya maka hal itu bisa membunuhnya," beber Dr Carlson.

Pasien pria itu mengatakan tidak tahu bagaimana ratusan serangga itu bisa masuk ke dalam hidungnya. Namun, ia mengatakan mungkin saja berkaitan dengan kesehariannya yang sangat suka memancing.

Ia mengaku tidak rajin mencuci tangan setelah memegang ikan mati. Itu mungkin yang membuat serangga bisa hidup dalam hidungnya.

"Sebelumnya saya membilas tangan saya di sungai. Tapi, sekarang saya akan menggunakan pembersih untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik dan tidak menyentuh hidung atau tangan saya," tutur pria tersebut.

Pasien diberi obat kumur antiparasit serta obat kumur khusus anti parasit untuk membersihkan hidungnya dan akan dievaluasi 3 hingga 4 kali setahun, namun diharapkan bisa sembuh total.

Dr Carlson yakin neuroblastoma yang terjadi 30 tahun sebelum kejadian menyebabkan ruang terbuka di rongga sinus pasien dan dikombinasikan dengan sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah. Hal itu menciptakan lingkungan yang cocok bagi parasit untuk tumbuh jika tidak diobati.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Merinding! Kisah Pria Sulit Napas gegara 150 Serangga 'Bersarang' di Hidung"