Hagia Sophia

22 February 2024

Kala Pria Tertinggi dan Wanita Terpendek Dunia Saling Berjumpa

Momen pertemuan pria tertinggi dan wanita terpendek di dunia. (Foto: Anadolu via Getty Images/Anadolu)

Pria tertinggi di dunia, Sultan Kosen, dengan tinggi lebih dari 2 meter, bertemu dengan perempuan terpendek di dunia, Jyoti Amge, di California, AS. Mereka reuni lagi setelah bertemu pertama kali enam tahun lalu di Mesir.

Sultan Kosen yang lahir pada 10 Desember 1989 itu memiliki tinggi 2,51 meter. Dia menjadi manusia tertinggi di dunia versi Guiness World Record.

Dikutip dari NYPost, Kosen didiagnosis menderita akromegali, yang biasanya disebabkan oleh tumor di kelenjar pituitari. Tumor ini menghasilkan hormon pertumbuhan dalam jumlah berlebih, yang dapat menyebabkan gigantisme.

Dia berhenti tumbuh pada tahun 2011 setelah menjalani perawatan di Pusat Medis Universitas Virginia untuk mengontrol produksi hormon pertumbuhan.

Sementara Jyoti Amge hanya memiliki tinggi badan 63 cm. Dia empat kali lebih pendek dari Kosen. Tinggi badannya yang pendek ini disebabkan oleh kelainan genetik yang disebut dwarfisme primordial.

Sejak usia empat tahun, Jyoti bersekolah bersama anak-anak berukuran biasa, meskipun ia diberikan meja dan kursi yang lebih sesuai dengan ukuran tubuhnya yang kecil.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Momen Pertemuan Pria Tertinggi dan Wanita Terpendek di Dunia, Bikin Melongo"