Hagia Sophia

22 February 2024

Rekor Terpendek, Wanita Ini Hanya Miliki Tinggi Badan 63 Cm

Wanita terpendek di dunia. (Foto: Instagram @jyoti_amge)

Seorang wanita di India mencatat rekor wanita terpendek di dunia versi Guiness World Record. Di usia 30-an, tinggi badannya cuma 63 cm.

Lahir pada 16 Desember 1993 di Nagpur, India tengah, Jyoti Amge bertubuh normal hingga ia mencapai usia lima tahun, menurut ibunya, Ranjana. Namun, pada saat itu menjadi jelas bahwa pertumbuhannya terhambat oleh suatu kelainan.

Belakangan diketahui bahwa dia mengidap suatu bentuk dwarfisme yang disebut achondroplasia, dan tidak akan pernah tumbuh melebihi ketinggian tertentu.

Dikutip dari John Hopkins Medicine, achondroplasia adalah suatu kondisi genetik yang mempengaruhi protein dalam tubuh yang disebut reseptor faktor pertumbuhan fibroblas. Pada achondroplasia, protein ini mulai berfungsi secara tidak normal, memperlambat pertumbuhan tulang di tulang rawan lempeng pertumbuhan.

Hal ini menyebabkan tulang lebih pendek, bentuk tulang tidak normal, dan perawakan lebih pendek. pada sekitar 80 persen kasus, achondroplasia disebabkan oleh mutasi spontan (cacat genetik mendadak) yang terjadi pada embrio yang sedang berkembang.

Sejak usia empat tahun, Jyoti bersekolah bersama anak-anak berukuran biasa, meskipun ia diberikan meja dan kursi yang lebih sesuai dengan ukuran tubuhnya yang kecil.

Saat pertama kali terkenal, Jyoti berbicara tentang keinginannya mengunjungi negara lain. "Saya ingin sekali bepergian ke London dan melihat dunia berbeda di sana," ungkapnya. Amerika juga ada dalam daftar keinginannya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kisah Wanita Pemegang Rekor Terpendek di Dunia, Tingginya Cuma 63 Cm"