Hagia Sophia

19 March 2024

Akibat Kista dan Kelelahan, Kiky Saputri Keguguran Setelah Hamil 10 Minggu

Kiky Saputri (Foto: Instagram@kikysaputrii)

Kabar kurang menyenangkan datang dari komika Kiky Saputri. Melalui tayangan video di kanal YouTube miliknya, Kiky mengatakan dirinya mengalami keguguran setelah hamil 10 minggu.

Dalam video tersebut Kiky juga menjelaskan beberapa penyebab dirinya mengalami keguguran, yakni kelelahan dan memiliki kista di luar dinding rahim.

Sang komedian itu mengaku dirinya telah mengidap kista setelah resmi menikah dengan suaminya, Khairi.

"Ada faktor utama, aku ada kista dari sebelum aku hamil, enam bulan setelah aku menikah," lanjutnya, dikutip dari YouTube Kiky Saputri Official.

"Di luar dinding rahim, waktu itu masih 3,8 cm. Waktu itu rencana kita pulang dari London mau berobat untuk pembersihan kistanya," ujar Kiky.

"Tapi Masyaallah, Allah kasih kita rezeki ada si baby. Kata dokter nggak apa-apa, ini nggak ganggu, jadi lanjutin aja kehamilannya," sambung Kiky.

Akan tetapi, seiring perkembangan janin, ternyata kista juga ikut berkembang. Dari yang awalnya berukuran 3,8 cm menjadi 4,6 cm.

"Seiring berjalannya waktu, janin berkembang, maka kista juga berkembang. Ternyata menekan ke area dinding rahimnya, kistanya membesar, saat aku keguguran itu dia udah 4,6 cm," kata Kiky.

Dikutip dari Harvard Health Publishing, kista adalah kantung yang terbentuk di kulit atau di dalam tubuh, biasanya berisi cairan atau semipadat.

Meski pada dasarnya kista dapat muncul di bagian tubuh manapun, kondisi ini paling sering muncul di kulit, ovarium (rahim), payudara, atau ginjal. Kebanyakan kista tidak bersifat kanker.

Kista juga dapat memicu berbagai macam gejala, tergantung pada jenis kista dan lokasinya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menyoal Kista, Pemicu Kiky Saputri Keguguran usai Hamil 10 Minggu"