Hagia Sophia

19 March 2024

Ini yang Membuat Langit Berwarna Oranye Saat Matahari Terbenam

Kenapa Langit Saat Matahari Terbenam Berwarna Oranye? Foto: REUTERS/STEPHANIE LECOCQ

Kenapa langit saat Matahari terbenam berwarna oranye? Waktu Matahari tenggelam ini memang biasanya menghadirkan pemandangan indah dan memukau mata, di mana langit berubah warnanya. Kenapa bisa begitu?

Sebenarnya tidak hanya oranye, warna langit saat Matahari terbenam bisa bervariasi, tergantung oleh beberapa faktor. Akan tetapi umumnya berwarna oranye, merah atau pink. Warna oranye saat Matahari terbenam adalah karena kombinasi faktor seperti hamburan cahaya dan adanya partikel di atmosfer.

"Saat Matahari terbenam, Matahari lebih dekat dengan horizon, yang artinya lebih banyak cahaya Matahari harus melalui atmosfer sebelum mencapai mata kita," sebut Pedro de la Fuente, pakar cuaca di YourWeather yang dikutip detikINET.

Artinya, sinar Matahari berjalan melalui lapisan atmosfer yang lebih padat, menyebabkan cahaya menyebar ke arah yang berbeda. Nah, cahaya dalam panjang gelombang terpanjang, yaitu merah, oranye dan kuning, melalui atmosfer dengan lebih mudah.

"Hasilnya, panjang gelombang lebih pendek seperti biru dan ungu, menyebar lebih kuat, sementara panjang gelombang yang lebih panjang seperti merah dan oranye, relatif lebih utuh. Ini yang menciptakan pemandangan oranye di langit," paparnya.

Adapun saat Matahari muncul di titik tertingginya di langit siang hari, cahaya mencapai kita paling langsung, melewati lebih sedikit atmosfer dalam perjalanannya, sehingga mengurangi efek hamburan. Ketika spektrumnya tetap menyatu, cahaya yang kita lihat adalah sinar Matahari berwarna putih kekuningan.

Namun saat Bumi berputar pada siang hari dan Matahari terbenam ke arah cakrawala, sinar Matahari memasuki atmosfer secara miring dan melewati lapisan udara yang lebih padat sebelum mencapai kita.

"Ketika sinar pendek di ujung spektrum ungu dan biru dibelokkan ke segala arah, sinar tersebut tidak dapat sampai ke mata kita. Sementara panjang gelombang oranye dan merah mendominasi persepsi kita tentang warna langit," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Kenapa Langit Saat Matahari Terbenam Berwarna Oranye?"