Hagia Sophia

19 March 2024

Kenali Gejala Serangan Jantung Seperti yang Dialami Donny Kesuma

Donny Kesuma dirawat di rumah sakit setelah mengalami serangan jantung. (Foto: Grandyos Zafna)

Artis senior Donny Kesuma dilarikan ke rumah sakit karena mengalami serangan jantung pada Sabtu (16/3/2024). Anak Donny, Ghassani Kesuma, juga menanggapi kabar ayahnya tersebut.

Saat ini Donny belum sadarkan diri karena masih terpengaruh efek obat bius. Namun, kondisinya sudah mengalami kemajuan dan lebih stabil.

"Untuk penyakitnya, betul ayah saya kena sakit jantung namun tadi pagi. Saya dapat kabar progresnya Alhamdulillah sudah stabil," kata Ghassani dalam sambungan panggilan video pada awak media, Minggu (17/3).

"Namun, masih tidak sadar karena (efek) obat bius yang diberikan sama dokter dan dipakai istirahat untuk dokter," sambungnya.

Ghassani mengungkapkan ayahnya memang mempunyai riwayat sakit jantung. Sebelum kejadian itu, Donny sempat dirawat di sebuah rumah sakit di Jakarta Pusat dan dibolehkan pulang.

Namun, ia kembali dilarikan ke rumah sakit di Bekasi saat merasa kondisinya kembali memburuk. Donny sempat mengeluh sakit, susah berdiri, dan merasa tubuhnya lemas.

"Tapi setelah pulang, kondisinya belum terasa membaik, jadi istirahat di rumah. Kemarin tanggal 16 Maret, papa nelepon untuk diantar ke rumah sakit karena tidak kuat dan minta diinfus," jelas Ghassani.

Serangan jantung terjadi saat aliran darah mengalami penyumbatan. Penyumbatan tersebut biasanya disebabkan oleh penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain di arteri jantung.

Endapan lemak yang mengandung kolesterol disebut plak. Proses penumpukan plak disebut aterosklerosis.

Terkadang, plak ini bisa pecah dan membentuk gumpalan yang menghambat aliran darah. Kurangnya aliran darah bisa merusak atau menghancurkan sebagian otot jantung.

Gejala serangan jantung ini bisa bervariasi. Beberapa orang mungkin memiliki gejala ringan, bergejala berat, hingga tidak bergejala. Gejala umum serangan jantung meliputi:
  • Nyeri dada yang mungkin terasa seperti tertekan, sesak, nyeri, diremas atau ngilu
  • Nyeri atau ketidaknyamanan yang menyebar ke bahu, lengan, punggung, leher, rahang, gigi, atau terkadang perut bagian atas
  • Keringat dingin
  • Kelelahan
  • Sakit maag atau gangguan pencernaan
  • Sakit kepala ringan atau pusing mendadak
  • Mual
  • Sesak napas


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dialami Donny Kesuma hingga Dirawat di RS, Kenali Gejala Serangan Jantung"