Hagia Sophia

19 March 2024

Puasa Membuat Orang Mudah Ngantuk, Ini Penjelasan Dokter Neurologi

Penyebab jadi lebih ngantukan saat puasa (Foto: iStock)

Salah satu yang menjadi tantangan besar saat menjalani puasa di siang hari adalah gampang sekali mengantuk. Kondisi ini sering mengganggu produktivitas dan kualitas aktivitas harian kita.

Saat mengalami kesulitan menjaga konsentrasi di siang hari, sebenarnya itu karena terjebak oleh kantuk yang menghampiri. Praktisi kesehatan tidur dari Mayapada Hospital Tangerang, dr Paulina Thiomas Ulita, SpS menjelaskan bahwa hal ini disebabkan oleh perubahan pola tidur.

"Karena yang penting untuk tidur itu adalah tidur malam. Jadi karena tubuh belum beradaptasi dengan perubahan pola tidur yang baru, nah itu yang menyebabkan jadi mengantuk di siang hari," tutur dr Paulina dalam wawancara dengan detikcom, Sabtu (16/3/2024).

Salah satu perubahan pola tidur yang terjadi adalah soal durasi. Tidur malam selama puasa terkadang jadi lebih pendek karena harus bangun lebih awal untuk menyiapkan sahur, sementara pada malam hari belum terbiasa tidur lebih awal.

Menurut dr Paulina, tubuh manusia membutuhkan waktu normal sekitar 6-8 jam untuk beristirahat sepenuhnya. Selama tidur, aktivitas otak dan otot kita menurun, memungkinkan tubuh untuk pulih dan lebih bugar.

"Nah karena waktu istirahat malamnya berkurang sehingga ya itu jadinya energi di siang hari jadi tidak optimal. Makanya, itu yang menyebabkan tubuh merasa lemas dan mengantuk di siang hari," terang dr Paulina.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Rasanya Kok Jadi Lebih Ngantukan Saat Puasa? Ini Penjelasan Dokter Neurologi"