Hagia Sophia

03 March 2024

Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Bila Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin D

Foto: iStock

Seorang pria di Inggris tewas disebut-sebut karena overdosis vitamin D. Kadar vitamin D di dalam darahnya sangat tinggi sehingga memicu kerusakan organ.

Dikutip dari Mayo Clinic, keracunan vitamin D, juga disebut hipervitaminosis D, adalah kondisi langka namun berpotensi serius yang terjadi ketika tubuh memiliki jumlah vitamin D yang berlebihan.

Kondisi tersebut bisa terjadi karena konsumsi vitamin D dalam jumlah besar. Efek dari keracunan vitamin D ini adalah penumpukan kalsium dalam darah (hiperkalsemia), yang dapat menyebabkan mual dan muntah, lemas, dan sering buang air kecil.

Selain itu, berikut yang bisa terjadi pada tubuh saat overdosis vitamin D:

Efek overdosis vitamin D

1. Hiperkalsemia
Gejala keracunan vitamin D berhubungan dengan hiperkalsemia, yang berarti kadar kalsium darah terlalu tinggi. Hiperkalsemia biasanya terjadi setelah orang mengonsumsi vitamin D dalam dosis besar untuk jangka waktu yang lama.

Gejala hiperkalsemia meliputi:
  • gangguan pencernaan, seperti muntah, mual, sembelit, dan sakit perut
  • kelelahan, pusing, halusinasi, dan kebingungan
  • kehilangan selera makan
  • buang air kecil berlebihan
  • batu ginjal, cedera ginjal, dan bahkan gagal ginjal
  • tekanan darah tinggi dan irama jantung tidak normal
  • dehidrasi
2. Perubahan status mental
Hiperkalsemia dapat menyebabkan perubahan status mental pada orang dengan toksisitas vitamin D. Orang dengan hiperkalsemia akibat keracunan vitamin D biasanya memiliki gejala seperti kebingungan, depresi, dan psikosis.

Dalam laporan kasus tahun 2021, seorang pria berusia 64 tahun secara tidak sengaja mengonsumsi 200.000 IU vitamin D per hari karena salah memahami petunjuk pengobatan. Dia menunjukkan perubahan status mental dan gejala serius lainnya yang berhubungan dengan hiperkalsemia.

3. Komplikasi ginjal
Dalam beberapa kasus, keracunan vitamin D dapat menyebabkan cedera ginjal dan bahkan gagal ginjal.

Hal ini karena terlalu banyak vitamin D dalam tubuh dapat menyebabkan tingginya kadar kalsium, yang dapat menyebabkan kehilangan air melalui terlalu banyak buang air kecil dan pengapuran pada ginjal. Banyak penelitian melaporkan cedera ginjal sedang hingga parah pada orang yang mengalami keracunan vitamin D.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sederet Hal yang Terjadi Pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin D"