Hagia Sophia

03 March 2024

Lakukan GTM, Lebih Satu Tahun Anak Ini Tolak Makan Apapun

Foto: Dokumentasi pribadi emily taylor

Anak yang sedang GTM atau gerakan tutup mulut bisa membuat orangtua kebingungan. Sebab anak yang menolak makan kerap mengalami pertumbuhan yang terhambat.

Tapi bagaimana jika anak benar-benar takut dan menolak untuk makan, bukan hanya berhari-hari tapi lebih dari setahun? Hal ini lah yang dialami Oliver Taylor, anak berumur 3 tahun di Inggris yang menolak makan hampir setahun lamanya.

Diberitakan NYPost, Oliver mengalami malnutrisi dan dehidrasi karena menolak makan sejak usianya 2 tahun. Dia didiagnosis mengidap gangguan asupan makanan restriktif (ARFID) yang ditandai dengan rasa takut terhadap makanan atau "reaksi negatif yang kuat" terhadap rasa, tekstur atau warna makanan.

"Ya, itu kelainan makan, tapi anak-anak berusia 2 tahun bisa didiagnosis. Bagi Oliver, yang juga autis, masalahnya adalah masalah sensorik dan ketakutan. Dia benar-benar takut pada makanan," jelas ibunya, Emma Taylor.

Karena keengganan Oliver terhadap makanan dan apapun yang masuk ke mulutnya, dia menghabiskan sebagian besar tahun 2023 dengan menggunakan selang demi menjaga nutrisi tetap masuk ke tubuhnya. Dia diberi makan selama 10 jam semalam ditambah empat jam di siang hari, dan dia masih mendapat makanan dari tabung.

Pada bulan April tahun lalu, ia memasang selang yang lebih permanen di perutnya.

"Ya, berat badannya bertambah sepertiga dari berat badannya dalam waktu hampir 12 bulan, berkat pemberian makanan melalui selang, tetapi Anda bisa membayangkan dampaknya terhadap dia dan keluarga kami. Dia masih merasa sangat tertekan dengan makanan, dan kami melewatkan banyak hal seperti makan bersama keluarga dan pesta ulang tahun," tutur sang bunda.

Anak laki-laki tersebut juga menemui ahli gizi spesialis yang membantunya mengatasi rasa takutnya terhadap makanan. Emma melakukan apa yang dia bisa untuk membantu orang memahami apa yang sedang dialami putranya.

"Terlalu banyak orang yang mengatakan bahwa dia akan makan ketika dia lapar tetapi Oliver tidak akan melakukannya - dia benar-benar akan membuat dirinya kelaparan," keluh ibunya.

"Sudah lebih dari setahun sejak dia memasukkan makanan apa pun ke dalam mulutnya," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kisah Anak Alami GTM Terparah, Tolak Makan Apapun Selama Lebih dari Setahun"