Hagia Sophia

03 March 2024

Ini yang Membuat Anak Usia 3 Tahun Susah Makan dan Lakukan GTM

Foto: Dokumentasi pribadi Emily Taylor

Seorang anak di Inggris ogah makan sama sekali sehingga membuatnya malnutrisi dan dehidrasi. Dia bahkan sudah GTM atau gerakan tutup mulut lebih dari setahun sehingga makan harus pakai selang.

Oliver Taylor (3) sudah GTM sejak Oktober 2023. Meski orangtuanya sudah memutar otak untuk membuatnya makan, dia tetap bergeming sehingga berpengaruh pada tumbuh kembangnya.

Sang bunda, Emily Taylor, mengatakan anaknya mengidap gangguan asupan makanan restriktif (ARFID) sehingga dia takut dengan makanan dalam bentuk apapun. Kondisi itu membuat Oliver akhirnya makan dengan bantuan selang.

"Banyak orang yang mengatakan bahwa dia akan makan ketika dia lapar tetapi Oliver tidak akan melakukannya, dia benar-benar akan membuat dirinya kelaparan," keluh ibunya dikutip dari NYPost.

Dikutip dari laman Nationwide Childrens, anak-anak dengan ARFID akan membatasi jumlah makanan dan jenis makanan yang mereka konsumsi. Kondisi ini mirip dengan anoreksia dan bulimia sehingga termasuk gangguan makan.

Selain pilih-pilih makanan dan GTM, anak dengan ARFID tidak akan mampu mengonsumsi kalori yang cukup sehingga berpengaruh pada pertumbuhannya. Pada anak-anak, hal ini dapat menyebabkan terhentinya penambahan berat badan, penurunan berat badan, atau bahkan terhentinya pertumbuhan vertikal atau badan tumbuh lebih tinggi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pemicu Bocah Alami GTM Setahun Lebih, Berakhir Makan Pakai Selang"