Hagia Sophia

03 March 2024

Berada di Kennedy Space Center Berasa Pergi ke Antariksa

Kennedy Space Center Visitor Complex (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom)

Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, AS adalah tempat Satelit Merah Putih 2 diluncurkan. Para penggemar sains juga bisa datang ke sana lho!

Kennedy Space Center memang area terbatas untuk yang punya urusan dengan NASA, SpaceX, Blue Origin atau US Space Force. Namun, ada Kennedy Space Center Visitor Complex yang terbuka untuk kunjungan masyarakat umum termasuk wisatawan.

detikINET sempat berkunjung ke sana saat peluncuran Satelit Merah Putih 2 beberapa waktu lalu. Ringkasnya, ini adalah taman rekreasi dan edukasi bertema antariksa dengan memadukan museum indoor dan outdoor serta bioskop tematik.

Harga tiket masuknya adalah USD 75 (Rp 1,1 juta) dan untuk anak 3-11 tahun harganya USD 65 (Rp 1 juta). Bola NASA raksasa menyambut kita menjelang gerbang masuk utama Kennedy Space Center Visitor Complex.

Rocket Garden yang memajang aneka roket bersejarah (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom)

Dari sana, kita langsung melihat Rocket Garden, museum terbuka yang memajang 9 roket tinggi menjulang yang pernah bertugas di NASA. Kemudian, kami pun masuk ke gedung Heroes & Legends.

Heroes & Legends adalah museum astronaut yang menceritakan kebangkitan penjelajahan antariksa dan tentunya para pionir astronaut. Pengunjung awalnya disambut dengan teater immersive mengenai penjelajahan antariksa yang memukau.

Lalu kita diajak melihat Roket Mercury Atlas 8 yang bersejarah, roket yang pertama membawa manusia ke luar angkasa di dalam kapsul Sigma 7 yaitu astronaut Wally Schirra. Ada pula replika ruang Mercury Control Center, tempat dimana dulu para insinyur NASA mengendalikan roket ini.

Ada banyak replika dan benda bersejarah, termasuk salah satu yang paling keren adalah aneka helm pilot yang pernah dipakai. Nah, di ujung ruangan barulah kita dibawa masuk ke US Astronaut Hall of Fame.

Ini adalah ruang penghormatan untuk semua astronaut yang pernah bertugas di NASA. Mereka semua dipajang fotonya termasuk juga tahun mereka wafat.

Gadung lain yang dijelajahi detikINET adalah Journey to Mars. Gedung ini khusus membahas perjalanan misi NASA untuk bisa menjelajahi Si Planet Merah. Tentunya di sini adalah koleksi lengkap aneka rover yang dikirim ke Mars.

Gedung lainnya yang ada di sini adalah Gateway: The Deep Space Launch Complex yang menampilkan rancangan perjalanan antariksa di masa depan. Ada pula Spaceport KSC untuk wahana simulasi perjalanan antariksa.

Lebih ke belakang ada Space Shuttle Atlantis, pesawat ulang alik legendaris yang terbang 33 kali. Ada juga Shuttle Launch Experience, wahana untuk merasakan peluncuran roket seperti astronaut.

Ruangan US Astronaut Hall of Fame Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom

Kennedy Space Center Visitor Complex juga menyediakan bioskop IMAX untuk film bertema antariksa. Ada juga Planet Play, tempat bermain edukatif untuk bocah-bocah. Yang juga menarik ada Bus Tour yang akan membawa pengunjung ke area terpisah yaitu Apollo/Saturn V Center.

Sebelum pulang, wajib mampir nih ke The Space Shop. Ini adalah toko suvenir merchandise NASA terbesar dan terlengkap sedunia.

Semua barang di toko suvenir ini khusus bertema antariksa dan resmi dari NASA. Barangnya begitu lengkap dari T Shirt, topi, jaket, boneka, gelas, tumbler, magnet, gantungan kunci, boneka dan lain-lain.

Asyiknya lagi, SpaceX dan Blue Origin juga buka lapak di tempat ini untuk merchandise resmi mereka. Pasang mata baik-baik, ada banyak promo dan barang obral bertebaran di toko ini. Selamat berkunjung dan makin jatuh cinta dengan antariksa!


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Berasa Pergi ke Antariksa di Kennedy Space Center"