Hagia Sophia

03 March 2024

Beberapa Makanan Ini Membuat Kenyang Lebih Lama, Cocok untuk Diet

Foto: Getty Images/iStockphoto/AJ_Watt

Setiap makanan dapat memberikan rasa kenyang yang berbeda-beda. Karena itu, tidak heran jika ada beberapa makanan yang bisa bikin kenyang lebih lama.

Hal tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Pertama, kandungan protein dan serat yang terkandung dalam makanan tersebut. Protein adalah makronutrien yang paling mengenyangkan. Sedangkan, serat dapat memperlambat proses pencernaan makanan.

Setiap makanan juga memiliki satiety index, yakni kemampuan sebuah makanan untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Semakin tinggi skornya, semakin lama pula rasa kenyang yang diberikan makanan tersebut.

Karena itu, mengonsumsi makanan yang bisa bikin kenyang lebih lama dapat bermanfaat untuk orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Lantas, apa saja jenis makanan tersebut? Dikutip dari Healthline, berikut ulasannya.

1. Kentang rebus
Kentang rebus merupakan salah satu makanan yang bisa bikin kenyang lebih lama. Tak heran, mengingat kentang rebus memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

Selain itu, kentang rebus juga mengandung protein, serat, serta sejumlah vitamin dan mineral. Jadi tak hanya bikin kenyang lebih lama, kentang rebus juga dapat menunjang kesehatan orang-orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

2. Telur
Telur merupakan sumber protein hewani yang sangat mudah didapat. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, protein adalah makronutrien yang dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Tak hanya itu, kandungan protein dalam telur juga memiliki kualitas yang baik. Satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein, yang meliputi sembilan asam amino esensial yang penting untuk kesehatan.

Telur juga memiliki skor satiety index yang cukup tinggi.

3. Oatmeal
Oatmeal bisa dibilang sebagai salah satu makanan yang paling mengenyangkan. Bahkan, oatmeal menempati urutan ketiga tertinggi pada daftar satiety index.

Ini tak lepas dari kandungan beta glucan yang ada dalam oatmeal. Beta glucan adalah sejenis serat larut yang dapat mengenyangkan perut. Tak hanya itu, beta-glucan juga mendorong tubuh untuk melepaskan hormon yang memunculkan rasa kenyang, serta memperlambat proses pengosongan perut.

4. Daging sapi
Jika berbicara soal makanan tinggi protein, daging sapi pasti selalu masuk ke dalam daftar. Daging sapi memiliki skor 176 pada satiety index, membuatnya menempati urutan kedua sebagai makanan tinggi protein yang paling mengenyangkan.

Tapi perlu diingat, pilihlah potongan daging sapi yang lebih rendah lemak, seperti sirloin atas, untuk menghindari risiko tekanan darah tinggi dan kolesterol.

5. Greek yogurt
Greek yogurt memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan yogurt biasa. Tak hanya itu, greek yogurt juga memiliki kandungan protein yang lebih tinggi.

Selain cocok untuk menemani sarapan, greek yogurt juga bisa dikonsumsi sebagai camilan saat siang atau sore hari. Sebuah studi mengungkapkan orang yang mengonsumsi greek yogurt berprotein tinggi dapat merasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar di waktu makan selanjutnya.

6. Cottage cheese
Selain greek yogurt, produk susu lain yang bisa membuat perut kenyang lebih lama adalah cottage cheese. Selain tinggi protein, cottage cheese memiliki kandungan lemak dan karbohidrat yang rendah, sehingga sangat cocok disantap orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

7. Legum
Legum, seperti kacang polong, lentil, dan kacang tanah, merupakan jenis tanaman yang sangat kaya akan serat. Selain itu, legum juga rendah kalori. Dua kombinasi itulah yang membuat legum sangat cocok dijadikan camilan saat sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi menemukan orang yang mengonsumsi legum merasa 31 persen lebih dibandingkan ketika mengonsumsi roti atau pasta.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pejuang Diet Merapat, Ini 7 Makanan yang Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama"