Hagia Sophia

03 March 2024

Perkembangan Janin 3 Bulan, Kelamin Masih Belum Terlihat

Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks

Ketika hamil 3 bulan, janin sama dengan berusia 9-12 minggu. Artinya, kehamilan berada di minggu-minggu terakhir trimester pertama. Itu juga berarti, masa trimester kedua segera dimulai.

Janin berusia 3 bulan sudah mulai menyerupai manusia. Anggota badan dan organ-organ bayi telah terbentuk meskipun belum sempurna. Kemungkinan mengalami keguguran juga mulai menurun.

Namun pada masa ini, jenis kelamin bayi masih belum bisa dibedakan, ya. Makin penasaran dengan perkembangan janin usia 3 bulan? Simak penjelasan lebih lanjutnya pada uraian berikut.

Bentuk Janin Usia 3 Bulan
Dilansir laman What to Expect, janin 3 bulan berukuran sebesar lemon dengan panjang sekitar 7,6 cm dan berat 28 gram.

Di masa ini, anggota tubuh bayi seperti tulang-tulang tangan, kaki, jari-jemari, kuku, telinga, mulut hingga calon gigi mulai mengeras dan terbentuk.

Kepala bayi berukuran sekitar setengah dari panjang kepala sampai pantatnya. Dengan bentuk kepalanya yang besar, si kecil pada saat ini terlihat seperti alien. Namun, itu hal yang normal ya. Seiring bertambahnya masa kehamilan, anggota badan dan organ lain bayi akan berkembang menjadi sempurna.

Di bagian dalam, organ usus bayi dan sistem otot bayi tengah mengalami perkembangan. Pita suara si kecil juga sedang terbentuk di usia kehamilan 9-12 minggu ini.

Pada masa ini pula, organ reproduksi bayi sudah berkembang. Akan tetapi, jenis kelaminnya masih sulit dibedakan dengan USG. Tidak lama lagi, barulah kamu dapat mengetahui apakah bayi laki-laki atau perempuan yang sedang dikandung.

Apakah Janin Usia 3 Bulan Sudah Bisa Bergerak?
Janin usia 3 bulan mulai belajar menggerakkan lengan, kaki, dan mulut di dalam perut. Masuk ke-4 bulan, bayi mungkin sudah bisa memasukkan ibu jarinya ke dalam mulutnya.

Namun, kamu masih belum bisa merasakan gerak janin di minggu-minggu kehamilan ini. Pergerakan bayi baru dapat dirasakan ketika kehamilan masuk di bulan ke-5.

Apakah Perut Mulai Menonjol di Kehamilan 3 Bulan?
Perihal apakah baby bump sudah terlihat di kehamilan 9-12 minggu, itu tidak dapat dipastikan. Ini karena kehamilan dan tubuh wanita berbeda-beda tiap orangnya. Terlebih, janin usia 3 bulan masih terbilang kecil.

Sebagian orang mungkin sudah bisa melihat bagian tengah perutnya sedikit lebih bulat., tetapi itu bisa jadi belum terlihat oleh orang lain. Selain itu, tonjolan di perut pada sebagian wanita lainnya mungkin juga belum terlihat.

Nah, itu dia perkembangan janin 3 bulan atau usia 9-12 minggu kehamilan. Pada masa ini, janin masih rentan mengalami keguguran. Kemungkinan keguguran akan mulai menurun setelah usia janin melebihi 3 bulan.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Perkembangan Janin 3 Bulan: Anggota Badan dan Organ Bayi Mulai Terbentuk"