Hagia Sophia

17 March 2024

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Agar Tetap Sehat Selamanya

Ilustrasi ginjal. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Penyakit ginjal merupakan salah satu momok yang masih menjadi perhatian dunia kesehatan di Indonesia. Bahkan, kasus penyakit ginjal pada anak muda juga ikut menunjukkan tren kenaikan.

Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) dr Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGH menuturkan bahwa terdapat beberapa kebiasaan 'sepele' yang bisa menyebabkan masalah ginjal. Pemicu terbanyak dari masalah gagal ginjal yang dialami anak muda adalah kebiasaan sedentary life.

"Misal ke toko dekat rumah saja pakai kendaraan ya, jadi kurangnya aktivitas fisik itu bisa mengganggu fungsi ginjal," ucap dr Pringgodigdo dalam konferensi pers Kemenkes, Kamis (14/3/2024).

Ia menuturkan penting untuk masyarakat menerapkan pola hidup sehat semenjak dini. Masalah-masalah kesehatan seperti gagal ginjal dapat dicegah dengan pola hidup sehat, nutrisi yang baik, dan meningkatkan aktivitas fisik.

"Diet seimbang banyak buah sayur sedikit lemak, lalu rendah garam. Aktivitas fisik harus ditingkatkan, jangan stop merokok dan alkohol itu harus dilakukan," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Eva Susanti mengungkapkan untuk menekan angka kasus penyakit ginjal di Indonesia, dia menjelaskan pentingnya untuk melakukan tindakan promotif dan preventif. Misalnya, dengan melakukan perubahan perilaku dan menerapkan gerakan CERDIK.

"Kita harus sayangi ginjal dengan perubahan perilaku, dengan menerapkan pola hidup CERDIK; Cek kesehatan secara rutin minimal satu tahun sekali, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari," ujarnya lewat media briefing Hari Ginjal Sedunia, Kamis (14/3/2024).

Kemudian, sambung Eva, D dari CERDIK berarti diet yang seimbang dengan mengonsumsi buah dan sayur sambil mengurangi asupan gula, garam, dan lemak. Sedangkan, I dan K yaitu istirahat yang cukup lebih dari 7 jam sehari dan kelola stres dengan baik.

Selain menjaga kesehatan dengan perubahan perilaku hidup, masyarakat juga bisa menerapkan PATUH bagi yang sudah mengidap penyakit ginjal.

"PATUH itu Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter bagi yang sudah kena, Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, Tetap diet seimbang, Upayakan aktivitas fisik dengan aman, Hindari asap rokok, alkohol, dan zat karsinogenik lainnya," papar Eva.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Agar Umur Panjang, Hidup Sehat Sampai Akhir Hayat"