Hagia Sophia

13 January 2023

Hobi Bersepeda? Ini Tips Pilih Sepeda yang Benar agar Tidak Cedera

Memilih sepeda yang tepat (Foto: Rifkianto Nugroho)

Memilih sepeda, termasuk sepeda lipat, kadang tak segampang yang dibayangkan. Butuh pertimbangan tertentu jika ingin mendapatkan kenyamanan optimal.

Dari sekian banyak pilihan di luar sana yang tersedia, banyak orang yang mungkin menyesal karena sepeda yang dibelinya tidak sesuai dengan harapan. Apalagi sepeda yang dibeli malah membuat tak nyaman atau bikin cedera.

Lantas, bagaimana sih memilih sepeda yang tepat dan aman digunakan?

Menurut Country Manager Brompton Indonesia, Kevin Wijaya, rata-rata orang Asia, termasuk Indonesia memiliki postur tubuh yang tak terlalu tinggi. Karenanya ia menyarankan untuk membeli sepeda yang memiliki handlebar atau stang sepeda dengan ketinggian medium atau high.

Hal ini berguna agar postur tubuh tak terlalu condong ke depan atau tertekuk yang bisa menyebabkan strain atau cedera di tulang belakang.

"Ini bukan tips dari ahli ya tapi ini biasanya dari komunitas, biasanya kita menyarankan khususnya yang mungkin Asia tidak terlalu tinggi, disarankan menggunakan medium handlebar atau high handlebar," ucapnya saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2023).

Selain itu, Kevin juga membagikan tips agar kaki tak mudah pegal dan cedera saat naik sepeda. Menurutnya, saat naik sepeda, disarankan sadel sepeda diratakan dengan ketinggian pinggang pengguna agar kaki tak terlalu menekuk.

"Banyak kecenderungan orang salah merasa bahwa yang penting kita bisa menyentuh tanah saat naik sepeda. Itu sebenarnya tidak disarankan," imbuhnya.

"Itu ketika proses gowes, lutut kita akan terlalu tertekuk. Jadinya malah bisa menimbulkan cedera kalau misalkan usecasenya jangka panjang. Disarankan ketika didudukin, memang sedikit jinjit. Tapi ketika digowes, lututnya malah tidak terlalu tertekuk. Itu justru yang lebih baik," sambungnya lagi.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tips Pilih Sepeda yang Benar Biar Nggak Cedera, Awas Jangan Salah Beli!"