Hagia Sophia

13 January 2023

Informasi Terbaru dari WHO Terkait Varian 'Kraken' XBB.1.5

Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7

Belakangan ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyoroti subvarian Omicron XBB.1.5 atau varian 'Kraken', lantaran diketahui menjadi varian Corona paling menular. Namun kini juga diketahui, subvarian Omicron ini tidak memiliki mutasi yang membuat orang lebih sakit atau bergejala berat ketika terpapar.

Di samping itu, WHO mencatat dalam sejumlah laporan, pihaknya tidak memiliki data dunia terkait pengaruh XBB.1.5 terhadap kesehatan pasien. Walhasil, hingga kini WHO belum menarik kesimpulan apa pun terkait tingkat keparahan gejala imbas infeksi subvarian Omicron tersebut.

WHO mengatakan, XBB.1.5 adalah salah satu subvarian virus Corona yang paling mahir menghindari kekebalan dari vaksinasi maupun infeksi alamiah COVID-19. Kemampuan tersebut juga dimiliki subvarian lain dalam keluarganya yakni XBB.1, yang merupakan varian Corona dengan kemampuan paling tinggi dalam menghindari antibodi yang memblokir infeksi.

Lebih lanjut WHO menyoroti, XBB.1.5 memiliki keunggulan pertumbuhan di Amerika Serikat. XBB.1.5 berpotensi memicu peningkatan kasus COVID-19 secara global, namun hingga kini sulit untuk mengetahui secara pasti karena hampir semua data berasal dari AS. Artinya, kini masih diperlukan lebih banyak data terkait kecepatan penyebaran XBB.1.5 di negara lain.

Pimpinan teknis COVID-19 dari WHO, Maria Van Kerkhove, pekan lalu menegaskan bahwa XBB.1.5 adalah subvarian COVID-19 yang paling menular hingga saat ini. Para ilmuwan meyakini, subvarian ini sangat mahir mengelak dan mengikat lebih erat ke sel manusia, membuatnya lebih menular.

"Ini (subvarian Omicron XBB.1.5) adalah subvarian yang paling menular yang telah terdeteksi," kata Van Kerkhove kepada wartawan dalam konferensi pers di Jenewa, dikutip dari CNBC, Kamis (12/1/2023).

"Alasan untuk ini adalah mutasi yang ada di dalam subvarian Omicron ini memungkinkan virus ini menempel pada sel dan bereplikasi dengan mudah," sambungnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Boleh Sedikit Lega, WHO Bawa Kabar Baik soal Varian Kraken XBB.1.5"